Kecantikan & Kebugaran

5 Cara terbaik mencerahkan wajah yang wajib dicoba

Senin, 28 September 2020 | 09:17 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara terbaik mencerahkan wajah yang wajib dicoba

ILUSTRASI. Membersihkan sel kulit mati di klinik kecantikan bisa jadi cara mecerahkan wajah. Tribunnews/Jeprima

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kulit wajah yang terlihat kusam sering menurunkan kepercayaan diri seseorang. Jika Anda salah satu orang yang mengalami hal itu, cara mencerahkan wajah berikut patut dicoba. Tak hanya menggunakan produk perawatan tertentu, wajah cerah bisa Anda dapat dengan menerapkan pola hidup sehat.

Kurangi Konsumsi Alkohol

Salah satu penyebab kulit kusam yang tak disadari oleh banyak orang adalah tubuh yang dehidrasi. Nah, alkohol adalah salah satu jenis minuman yang bisa membuat tubuh dehidrasi. Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah, Anda perlu membatasi konsumsi alkohol.

Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Jumlah dan jenis makanan yang Anda konsumsi akan berpengaruh pada kecerahan kulit wajah. Byrdie mengatakan, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak. Kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel dan kolagen di bawah permukaan kulit.

Selain makanan yang kaya akan asam lemak, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan berfungsi antiinflamasi dan melawan radikal bebas. Beberapa jenis makanan yang perlu Anda konsumsi adalah salmon, tomat, labu, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 4 Bahan memutihkan wajah secara alami, plus cara pakainya

Jangan Lupakan Pelembab

Cara mencerahkan wajah bisa Anda lakukan dengan menggunakan pelembab.

Pelembab merupakan produk perawatan yang wajib digunakan oleh semua tipe kulit. Agar pori-pori tak tersumbat, Anda perlu membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Jika tak rajin dibersihkan, kotoran yang menempel akan menimbulkan masalah kulit wajah.

Namun, membersihkan wajah dapat membuat minyak alami kulit ikut terangkat, apalagi pemilik kulit kering. Maka dari itu, menggunakan pelembab tidak boleh dilupakan. Anda perlu memilih pelembab yang sesuai dengan tipe kulit agar memberikan hasil yang maksimal.

Bersihkan Sel Kulit Mati

Cara mencerahkan wajah selanjutnya yang direkomendasikan Byrdie adalah membersihkan sel kulit mati secara rutin. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari memakai lap basah, cleanser, atau perawatan di klinik kecantikan.

Pastikan untuk tidak membersihkan sel kulit mati terlalu sering agar tak merusak skin barrier. Anda bisa membersihkan sel kulit sebanyak satu kali dalam seminggu.

Baca Juga: 3 Cara membuat masker kopi ini bisa buat wajah lebih cerah, lo

Gunakan Vitamin C

Selain melawan munculnya tanda-tanda penuaan dini, vitamin C juga bisa Anda manfaatkan untuk mencerahkan wajah karena kaya akan antioksidan.

Ada banyak produk perawatan yang menggunakan vitamin C sebagai bahan dasar. Pilihlah produk yang mengandung vitamin C dan asam salisilat agar kulit menjadi cerah lebih cepat.

Selanjutnya: ​Manfaat madu untuk wajah dan kulit serta cara menggunakannya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru