4 Masker lidah buaya beserta cara membuatnya

Kamis, 24 September 2020 | 14:20 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Masker lidah buaya beserta cara membuatnya

ILUSTRASI. Masker lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah. KONTAN/Baihaki/25/8/2020

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lidah buaya mengandung banyak nutrisi dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Tak heran jika bahan alami ini banyak digunakan sebagai bahan dasar masker wajah. Cara membuat masker lidah buaya berikut bisa dicoba sebagai perawatan wajah Anda.

Masker Lidah Buaya dan Air Mawar

Mengutip dari Sio Beauty, masker lidah buaya dan air mawar bermanfaat untuk melawan infeksi kulit dan mengembalikan kecerahan kulit wajah. Selain menggunakan lidah buaya dan air mawar, Anda juga membutuhkan timun.

Caranya, tumbuk setengah timun sampai halus lalu tambahkan air mawar (1 sdt) dan gel aloe vera (2 sdm). Campurkan bahan-bahan tersebut dalam sebuah wadah dan aduk hingga rata. Selanjutnya, oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

Masker Lidah Buaya dan Jus Tomat

Jika Anda ingin menghilangkan bekas jerawat dan membersihkan kulit wajah, maka masker lidah buaya yang dicampur jus tomat adalah jawabannya. Pertama, tuangkan jus tomat (2 sdm) dan gel aloe vera (1 sdm) lalu campurkan bahan-bahan tersebut sampai rata.

Anda bisa membuat jus tomat sendiri dengan menggunakan blender atau menumbuknya sampai halus menggunakan garpu. Aplikasikan masker pada wajah selama 15 menit, kemudian bilas pakai air hangat.

Baca Juga: 4 Bahan memutihkan wajah secara alami, plus cara pakainya

Masker Lidah Buaya dan Telur

Masker lidah buaya dan telur bisa digunakan untuk melembabkan kulit wajah.

Bagi pemilik kulit kering, Anda perlu menggunakan masker yang terbuat dari lidah buaya dan telur. Selain melembabkan, bahan alami ini juga bermanfaat untuk melenturkan kulit dan menghilangkan kerutan dan garis halus.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Campurkan sebutir telur dan gel aloe vera (2 sdm) dalam sebuah wadah kemudian aduk hingga rata.

Setelah itu, aplikasikan masker pada wajah lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas menggunakan air hangat. Gosokkan sisa masker yang masih tersisa di wajah, lalu bilas lagi.

Baca Juga: 3 Cara menghilangkan jerawat secara alami

Masker Lidah Buaya dan Brown Sugar

Masker lainnya yang direkomendasikan oleh Sio Beauty adalah campuran lidah buaya dan brown sugar. Bahan-bahan alami ini cocok dipakai untuk menghilangkan komedo, sel kulit mati, dan minyak berlebih di wajah.

Caranya, campurkan gel aloe vera (2 sdm) dan brown sugar (2 sdm) dalam sebuah wadah. Oleskan masker pada wajah dengan cara memijatnya secara melingkar selama lima menit. Setelah itu, diamkan masker selama 10 menit atau sampai mengering. Selanjutnya, bersihkan masker menggunakan air hangat.

Selanjutnya: 6 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh

Editor: Belladina Biananda


Terbaru