5 Cara merawat wajah pria terbaik agar bersih dan sehat

Senin, 12 Oktober 2020 | 12:40 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara merawat wajah pria terbaik agar bersih dan sehat

ILUSTRASI. 5 Cara merawat wajah pria terbaik agar bersih dan sehat./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/20/09/2010.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya wanita, pria juga bisa mengalami berbagai macam masalah kulit wajah. Mulai dari kulit yang terlihat kusam, muncul jerawat dan bekasnya sulit hilang, serta masalah lainnya. Cara merawat wajah pria berikut ini bisa Anda praktikkan agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Cuci Wajah Sebelum Tidur

Setelah melakukan berbagai macam aktivitas di siang hari, ada banyak kotoran yang menempel di wajah. Jika tak dibersihkan, kotoran-kotoran itu akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya masalah kulit.

Sebelum tidur, cucilah wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Setelah itu, Tiege merekomendasikan Anda untuk memakai pelembab. Pelembab berfungsi untuk memperbaiki kondisi kulit saat Anda tidur.

Bersihkan Sel Kulit Mati

Kulit yang terlihat kusam dan jerawat yang sering muncul bisa disebabkan karena sel kulit mati yang menumpuk. Anda bisa membersihkan sel kulit mati atau exfoliating dengan menggunakan sabun cuci muka yang dilengkapi scrub sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: 5 Tips skincare terbaik untuk remaja yang wajib dicoba

Pastikan untuk tidak berlebihan dalam membersihkan sel kulit mati, ya. Melakukan exfoliating sebanyak lebih dari dua kali dalam seminggu justru bisa membuat kulit menjadi kering.

Pakai Pelembab

Apa pun tipe kulit Anda, menggunakan pelembab merupakan hal yang wajib dilakukan. Berbagai macam produk perawatan sering kali membuat kulit menjadi kering. Saat berada di kondisi kering, kulit akan memproduksi sebum lebih banyak.

Hasilnya, pori-pori bisa tersumbat sehingga jerawat muncul. Pilihlah pelembab wajah yang mengandung SPF agar kulit terlindungi dari sinar UV tanpa membuat wajah terlihat berminyak.

Baca Juga: Perawatan wajah itu mudah, makanan ini bisa bikin kulit cerah

Hindari Konsumsi Gula Berlebih

Cara merawat wajah pria juga bisa dilakukan dengan membatasi konsumsi gula.

Cara merawat wajah selanjutnya yang direkomendasikan Tiege adalah membatasi konsumsi gula karena bisa memperburuk masalah kulit, seperti jerawat. Tak hanya itu, Anda juga perlu mewaspadai makanan yang mengandung banyak glikemik.

Glikemik yang masuk ke tubuh perlu diubah menjadi glukosa sehingga meningkatkan insulin dan radikal bebas. Hasilnya, terjadi peradangan dalam tubuh yang menyebabkan kulit menjadi bermasalah.

Pakai Skin Care yang Dibutuhkan Kulit

Banyak skin care yang direkomendasikan sering kali membuat pria menjadi malas merawat wajah. Anda tak perlu menggunakan semua rekomendasi skin care. Anda bisa melakukan cara merawat wajah pria dengan memakai skin care sesuai dengan kebutuhan kulit. Misalnya sabun cuci muka, pelembab, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Catat, inilah 5 cara dasar merawat wajah yang sebaiknya dilakukan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru