kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

13 Cara menhilangkan tahi lalat secara alami, bahannya mudah didapat


Jumat, 09 Oktober 2020 / 08:43 WIB
13 Cara menhilangkan tahi lalat secara alami, bahannya mudah didapat
ILUSTRASI. kulit buah pisang bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan tahi lalat secara alami. KONTAN/Baihaki


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Tahi lalat terkadang menjadikan seseorang lebih spesial di mata orang lain. Namun, bagaimana jika tahi lalat malah mengganggu penampilan. Adakah cara menghilangkan tahi lalat secara alami?

Tahi lalat adalah pertumbuhan kulit yang dapat berkembang di mana saja di tubuh. Seseorang mungkin memiliki lebih dari satu tahi lalat di wajah atau tubuh.

Melansir Health Line, kebanyakan tahi lalat tidak berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan. Artinya, Anda sebenarnya tidak perlu menghilangkan tahi lalat kecuali itu memang dianggap mengganggu.

Misalnya, Anda merasa keberadaan tahi lalat memengaruhi penampilan atau jika hal itu menjadi iritasi karena bergesekan dengan pakaian. Selain itu, tahi lalat benar-benar perlu dipertimbangkan untuk dihilangkan ketika telah berubah wujud. Pasalnya, setiap perubahan warna, ukuran, atau bentuk tahi lalat bisa menjadi tanda peringatan kanker kulit. Kunjungi dokter kulit jika Anda mencurigai hal itu terjadi.

Baca juga: Promo Hari Hari KJSM 8-11 Oktober, banyak beli 1 gratis 1

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami

Jika seseorang memiliki tahi lalat yang mengarah pada tanda kanker kulit, maka asuransi kesehatan biasanya akan menanggung biaya pengangkatan tahi lalat itu. Namun, jika tahi lalat jinak, asuransi mungkin tidak akan mengkaver biaya penanganannya. Itu mengapa beberapa orang mungkin mempertimbangkan pengobatan rumahan untuk menekan biaya saat ingin menghilangkan tahi lalat.

Meskipun beberapa orang percaya pengobatan rumahan dapat bekerja, belum ada penelitian formal yang dilakukan mengenai keamanan, keefektifan, atau potensi efek sampingnya. Jadi, sangatlah penting bahwa siapa pun yang sedang mempertimbangkan untuk menghilangkan tahi lalat dengan pengobatan rumahan dapat berbicara dulu dengan dokter kulit.

Melansir Medical News Today, tersedia banyak pilihan cara menghilangkan tahi lalat secara alami. Namun perlu diingat, meski diklaim efektif dapat bekerja menghilangkan tahi lalat, beberapa cara tersebut belum terbukti secara ilmiah.

Siapa pun yang ingin mencoba pengobatan ini, harus mengikuti instruksi dengan hati-hari dan waspada terhadap kemungkinan kerusakan, iritasi, dan jaringan parut pada kulit di sekitarnya. Lalu, bagaimana saja cara menghilangkan tahi lalat secara alami?

1. Mengoleskan bawang putih

Salah satu cara menghilangkan tahi lalat secara alami adalah dengan menggunakan bawang putih. Beberapa orang percaya bahwa mengoleskan bawang putih ke tahi lalat untuk jangka waktu tertentu akan menyebabkannya berkurang atau hilang total. Ini karena bawang putih mengandung enzim yang dapat melarutkan gugus sel penyebab tahi lalat. Bawang putih bisa menyebabkan kulit terbakar.

Simak cara menghilangkan tahi lalat secara alami lainnya di halaman selanjutnya




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×