Kecantikan & Kebugaran

Ingin tahu cara memutihkan kulit? Pakai 4 bahan alami ini!

Selasa, 08 September 2020 | 14:00 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ingin tahu cara memutihkan kulit? Pakai 4 bahan alami ini!

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa orang memiliki masalah berupa warna kulit yang tak merata. Cara memutihkan kulit pun dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya menggunakan produk yang dijual di pasaran atau memakai bahan-bahan alami.

Mengutip dari Emedi Health, warna kulit yang tak merata bisa disebabkan karena hyperpigmentation. Hal tersebut menyebabkan munculnya beberapa noda hitam di kulit. Nah, cara memutihkan kulit bisa Anda lakukan memakai bahan-bahan alami yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Cara memutihkan kulit bisa Anda mulai dengan beberapa hal berikut. Pertama, hindari paparan sinar matahari terlalu lama, merokok, dan alkohol. Kedua, pakai sunscreen dan lindungi kulit dengan baju lengan panjang, topi, atau kaca mata hitam. Jangan lupa untuk membersihkan kulit dengan benar.

Cara Memutihkan Kulit dengan Bahan Alami

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan kulit. Beberapa di antaranya adalah pepaya, jeruk, madu, dan lemon.

Baca Juga: ​Manfaat madu untuk wajah dan kulit serta cara menggunakannya

  • Pepaya

Cara memutihkan kulit bisa Anda lakukan menggunakan pepaya. Buah ini memiliki kaya akan nutrisi yang bisa mencerahkan kulit. Emedi Health mengatakan bahwa pepaya juga mengandung pemutih alami. Masker pepaya bisa Anda buat bersama dengan pisang dan madu.

Pertama, tumbuk pepaya dan pisang lalu tambahkan madu pada campuran yang sudah lembut. Aduk campuran tersebut hingga merata lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan masker selama 15 – 20 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

  • Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C. Cara memutihkan kulit bisa memakai jeruk karena kandungan tersebut. Anda bisa mengonsumsi jeruk secara rutin agar kulit semakin lembut dan sehat.

Baca Juga: Ampuh! Inilah 3 cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

  • Madu

Kondisi kering bisa menyebabkan munculnya noda hitam di kulit. Hal tersebut bisa Anda atasi menggunakan madu. Bahan alami ini memiliki kandungan antibakteri sehingga bisa mencegah munculnya jerawat dan menghilangkan bekasnya.

  • Lemon

Cara memutihkan kulit lainnya bisa menggunakan lemon. Sama seperti jeruk, lemon memiliki asam sitrat tinggi yang bisa mencerahkan kulit. Anda bisa melarutkan air lemon dalam air kemudian aplikasikan langsung pada wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas menggunakan air.

Selanjutnya: Manfaat masker kopi dan cara membuatnya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru