kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Daun Ketumbar Untuk Meredakan Peradangan, Ada 7 Khasiat Penting


Rabu, 29 Mei 2024 / 16:39 WIB
Manfaat Daun Ketumbar Untuk Meredakan Peradangan, Ada 7 Khasiat Penting
ILUSTRASI. Manfaat Daun Ketumbar Untuk Meredakan Peradangan


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun ketumbar untuk meredakan peradangan adalah salah satu khasiat yang penting diketahui. Selain itu, masih banyak manfaat dan khasiat daun ketumbar lainnya bisa didapatkan.

Daun ketumbar, yang dikenal dengan nama ilmiah Coriandrum sativum, adalah salah satu rempah-rempah yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam berbagai masakan di seluruh dunia. 

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, daun ketumbar juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Kamera Pocket Terbaik Tahun 2024, Catat Ya!

Melansir dari PharmEasy, Daun Ketumbar adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang sangat baik. Selain itu, daun ketumbar juga mengandung banyak nutrisi seperti serat makanan, zat besi, mangan, kalsium, vitamin K, fosfor, dll.

Berikut beberapa manfaat daun ketumbar untuk kesehatan:

Sumber Nutrisi Penting

Daun ketumbar adalah sumber nutrisi yang kaya. Mereka mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, serta beberapa vitamin B seperti riboflavin, niacin, dan vitamin B6. Daun ketumbar juga mengandung mineral penting seperti magnesium, potasium, kalsium, dan zat besi. Nutrisi ini membantu memastikan tubuh Anda mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Kamera Canon Terbaik Tahun 2024, Mau Beli?

Antioksidan Kuat

Ketumbar mengandung antioksidan yang kuat, seperti flavonoid dan asam askorbat. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Menyokong Fungsi Pencernaan

Daun ketumbar juga memiliki sifat yang merangsang pencernaan. Mereka dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, gas, dan sindrom iritasi usus. Konsumsi daun ketumbar secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Pengendali Gula Darah

Studi telah menunjukkan bahwa ekstrak daun ketumbar memiliki efek menurunkan gula darah. Ini bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 atau mereka yang berisiko mengembangkan penyakit tersebut. Konsumsi ketumbar dalam makanan atau minuman dapat membantu menjaga tingkat gula darah yang stabil.

Baca Juga: Manfaat Buah Langsat Untuk Melancarkan Pencernaan, Cek 6 Khasiat Lainnya

Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun ketumbar adalah komponen penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, serta meningkatkan penyembuhan luka.

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dalam daun ketumbar berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Ini membantu mencegah masalah penglihatan seperti degenerasi makula dan katarak.

Meredakan Peradangan

Ketumbar mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan gejala peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan peradangan, seperti arthritis dan penyakit jantung.

Baca Juga: Catat 9 Khasiat Penting dan Manfaat Blueberry Untuk Menurunkan Risiko Kanker

Cara Mengonsumsi Daun Ketumbar

Anda dapat mengonsumsi daun ketumbar dengan berbagai cara. Mereka dapat digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan, termasuk sup, salad, dan hidangan daging. Anda juga dapat membuat jus daun ketumbar atau menambahkannya ke smoothie untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar. Beberapa orang juga menggunakan daun ketumbar kering atau bubuk ketumbar sebagai tambahan makanan atau minuman mereka.

Namun, ingatlah bahwa sebagian orang mungkin alergi terhadap ketumbar, jadi pastikan untuk menguji toleransi Anda terhadap rempah ini terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×