kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Asam Folat, Efek Samping, dan Dosis Konsumsi yang Perlu Diketahui


Selasa, 09 Agustus 2022 / 15:31 WIB
Manfaat Asam Folat, Efek Samping, dan Dosis Konsumsi yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat asam folat.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat asam folat untuk ibu hamil adalah membantu pembelahan sel sehat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Sehingga, mengurangi risiko cacat lahir pada otak dan tulang belakang seperti spina bifida. 

Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air dan memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. Asam folat atau yang dikenal vitamin B9 terutama dibutuhkan untuk ibu hamil dan wanita yang sedang menjalani program hamil. 

Bagi ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebesar 600-800 mcg (mikrogram) per hari untuk mengurangi risiko cacat lahir ini.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil, Apa Saja?

Sementara untuk orang dewasa, disarankan setidaknya mengonsumsi 400 mcg asam folat per hari. Manfaat asam folat juga digunakan untuk banyak kondisi lain termasuk depresi, stroke, penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir.'

Makanan yang mengandung asam folat di antaranya adalah sayuran berdaun hijau, asparagus, buah-buahan tertentu seperti jeruk, buah bit, alpukat, kacang-kacangan, serta hati dan ginjal sapi. 

Asam folat juga tersedia sebagai suplemen, dan sering digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya.

Baca Juga: 13 Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi, Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Manfaat asam folat

Dirangkum dari WebMD, manfaat asam folat untuk mencegah dan mengobati kadar folat darah rendah (defisiensi folat) dan kadar homosistein darah tinggi (hiperhomosisteinemia). Kondisi ini telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan stroke. 

Mengkonsumsi asam folat melalui dapat menurunkan kadar homosistein pada orang dengan kadar homosistein normal atau tinggi dan pada orang dengan gagal ginjal. Selain itu, beberapa manfaat asam folat untuk ibu hamil sebagai berikut:

1. Penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir pada orangtua

Manfaat asam folat yang pertama adalah membantu mencegah penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir pada orangtua. 

2. Depresi

Manfaat asam folat yang dikonsumsi bersama dengan antidepresan tampaknya memperbaiki gejala pada beberapa orang dengan depresi.

Baca Juga: 7 Minuman Smoothies untuk Penderita Kolestreol Tinggi dan Cara Membuatnya, Gampang!

3. Tekanan darah tinggi

Manfaat asam folat jika dikonsumsi setiap hari selama minimal 6 minggu mengurangi tekanan darah pada beberapa orang dengan tekanan darah tinggi yang tidak menggunakan obat tekanan darah lainnya.

4. Pembesaran gusi yang disebabkan oleh obat fenitoin

Manfaat asam folat membantu mencegah masalah pembesaran gusi yang disebabkan oleh obat fenitoin.

5. Gangguan kulit yang menyebabkan munculnya bercak putih pada kulit (vitiligo)

Manfaat asam folat juga dapat memperbaiki gejala gangguan kulit yang menyebabkan munculnya bercak putih pada kulit (vitiligo). 

6. Toksisitas yang disebabkan oleh obat metotreksat

Manfaat asam folat juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah dari pengobatan metotreksat.

Baca Juga: Harus Tahu! Inilah 4 Cara Mengatasi Mata Panda dan Lelah dengan Benar

Efek samping konsumsi asam folat

Selain dari makanan, asam folat juga bisa didapat dari suplemen maupun vitamin. Ketika mengonsumsi asam folat dosis amannya adalah tidak lebih dari 1 mg (miligram) setiap hari. 

Dosis yang lebih tinggi dari 1 mg setiap hari kemungkinan dapat menyebabkan sakit perut, mual, diare, memicu emosi, kebingungan, perubahan perilaku, reaksi kulit, kejang, dan efek samping lainnya.

Bentuk lain dari asam folat, L-5-methyltetrahydrofolate (L-5-MTHF), juga dapat ditemukan dalam suplemen. Jenis asam folat ini mungkin aman bagi kebanyakan orang dalam dosis hingga sekitar 400 mcg (mikrogram) setiap hari.

Ada beberapa kekhawatiran bahwa mengonsumsi terlalu banyak asam folat untuk waktu yang lama dapat menyebabkan efek samping yang serius. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat dalam dosis 0,8-1,2 mg setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker atau meningkatkan risiko serangan jantung pada orang yang memiliki masalah jantung.

Baca Juga: 6 Alasan Seledri Efektif Mencegah Kanker

Dosis konsumsi asam folat

Asam folat adalah nutrisi penting. Jumlah yang harus dikonsumsi setiap hari disebut kecukupan rata-rata gizi atau Recommended Dietary Allowances (RDA). RDA untuk asam folat disediakan sebagai Dietary Folate Equivalents atau DFE.

Hal ini karena tubuh menyerap asam folat dalam suplemen lebih baik daripada folat yang ditemukan dalam makanan. Pervan1 mcg DFE sama dengan 1 mcg folat yang ditemukan dalam makanan. Tetapi 1 mcg DFE sama dengan 0,6 mcg suplemen asam folat.

RDA pada orang dewasa adalah 400 mcg DFE setiap hari. Pada kehamilan, RDA adalah 600 mcg DFE setiap hari. Saat menyusui, RDA adalah 500 mcg DFE setiap hari. Pada anak-anak, RDA tergantung pada usia.

Demikian manfaat asam folat, efek samping asam folat, dan dosis mengonsumsi asam folat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×