Tips Sehat

Makanan untuk menjaga kesehatan mata, berikut daftarnya

Rabu, 01 Juli 2020 | 12:03 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Makanan untuk menjaga kesehatan mata, berikut daftarnya

ILUSTRASI. Mengonsumsi sayur dan buah untuk menjaga kesehatan mata.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesehatan mata seseorang semakin mudah terganggu. Untuk itu, Anda harus menjaga kesehatan mata agar tidak mengganggu kegiatan sehari-hari.

Salah satu alasan terbesar mengapa kesehatan mata menjadi lebih mudah terganggu adalah kebiasaan menatap layar laptop atau smartphone terlalu lama. Ini tentu saja tidak baik jika terus Anda lakukan.

Anda perlu sering-sering mengistirahatkan mata. Selain itu, menjaga kesehatan mata juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Nah, berikut makanan yang bisa menjaga kesehatan mata Anda:

Baca Juga: PSBB berakhir, lindungi anak Anda saat di sekolah

Telur

Untuk menjaga kesehatan mata, Anda bisa mengonsumsi telur setiap hari. Sebab, kandungan protein dalam telur bisa menjaga kesehatan mata.

Pastikan Anda mengonsumsi semua bagian telur, baik yang putih ataupun kuning. Tapi, jika memiliki alergi terhadap telur, Anda bisa menggantinya dengan makanan yang lain.

Ikan

Ikan menjadi jenis makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Anda bisa memilih ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi, seperti tuna dan salmon.

Selain baik untuk kesehatan mata, ikan juga baik untuk otak. Kalau tidak menyukai ikan, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk pil.

Baca Juga: Waspadai pola tidur yang tidak teratur bisa pemicu penyakit jantung

Alpukat

Buah yang bisa Anda santap untuk menjaga kesehatan mata adalah alpukat. Selain mengandung banyak vitamin E, alpukat juga memiliki banyak kandungan lutein.

Lutein bisa membantu memperbaiki penglihatan. Gejala katarak dan penyakit yang lain bisa berkurang bila Anda rajin mengonsumsi alpukat.

Bayam

Sama seperti alpukat, bayam juga mengandung banyak lutein. Anda bisa menjaga kesehatan mata dengan rajin memakan bayam.

Bayam bisa Anda olah menjadi berbagai macam masakan. Tetapi, pastikan untuk tidak memasak bayam terlalu lama, agar kandungan penting dalam bayam tidak hilang.

Hanya, jika kondisi penglihatan Anda menjadi lebih parah dari hari ke hari, ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Baca Juga: Begini cara menghindari terkena penyakit diabetes di usia muda

Editor: Belladina Biananda


Terbaru