Tips Sehat

Anda stres? Ini cara menghilangkan stres yang gampang dilakukan

Rabu, 01 Juli 2020 | 09:24 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Anda stres? Ini cara menghilangkan stres yang gampang dilakukan

ILUSTRASI. Cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Stres tidak bisa dipisahkan dari manusia. Berbagai macam hal bisa menjadi sumber stres seseorang. Meski demikian, ada cara praktis untuk menghilangkan stres, lho.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa hal sederhana yang sangat mudah dilakukan bisa dipakai untuk meringankan stres. Dengan melakukan beberapa hal berikut, stres yang dirasakan bisa berkurang.

Berendam dalam Air Hangat

Merendam tubuh dalam air hangat bisa dijadikan sarana relaksasi. Anda bisa berendam ditemani musik yang mengalun dengan pelan dan lembut. Kegiatan relaksasi Anda juga bisa dimaksimalkan dengan menyalakan lilin aroma terapi kesukaan.

Selain merendam seluruh badan, Anda juga bisa hanya merendam kaki. Cara menghilangkan stres ini bisa dilengkapi dengan menambah minyak rempah.

Permen Karet
Tak hanya enak, permen karet juga bisa dipakai untuk menghilangkan stres. Menurut sebuah penelitian, mengunyah permen karet bisa mendatang banyak manfaat. Stres dan cemas bisa mengalami penurunan ketika Anda mengunyah permen karet.

Baca Juga: Catat! Ini efek samping terlalu banyak minum kopi

Tertawa
Sudah ada banyak bukti yang mengatakan bahwa tertawa bisa dijadikan sarana untuk menghilangkan stres. Hal tersebut dikarenakan hormon endorfin yang diproduksi tubuh meningkat ketika tertawa.

Hormon itulah yang bisa dipakai untuk menggantikan hormon stres. Anda bisa membuat diri Anda tertawa dengan berbagai macam hal. Mulai dari bercanda dengan teman atau keluarga, menonton film atau video lucu, dan lain-lain.

Mengatur Pernapasan
Cara sederhana lainnya yang bisa dipakai untuk menghilangkan stres adalah dengan mengatur pernapasan. Hormon stres yang ada dalam tubuh bisa menurun jika Anda mengirup napas dalam-dalam.

Duduklah di tempat yang nyaman dan tidak ramai. Selanjutnya, tutup mata dan ambil napas lewat hidung. Setelah menghirupnya secara mendalam, tahan napas selama dua detik, dan embuskan secara perlahan. Lakukan cara ini beberapa kali sampai Anda merasa tidak terlalu cemas lagi.

Selain melakukan cara-cara di atas, Anda juga bisa menghilangkan stres dengan melakukan hobi. Akan tetapi, jika stres dan cemas sudah mengganggu kegiatan Anda sehari-hari, ada baiknya untuk segera mengunjungi psikolog.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru