kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara menghindari terkena penyakit diabetes di usia muda


Rabu, 01 Juli 2020 / 11:15 WIB
Begini cara menghindari terkena penyakit diabetes di usia muda
ILUSTRASI. ilustrasi minum secangkir kopi dipercaya bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit diabetes.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit diabetes tipe II bisa menghantui Anda bila asal mengkonsumsi makanan dan minuman. Bila tidak ingin terkena diabetes di usia muda, baiknya mulai lakukan tips berikut ini. 

Diabetes masih menjadi penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Dikutip dari rilis Kementerian Kesehatan yang dikeluarkan akhir 2018, diabetes di Indonesia menunjukkan peningkatan. 

Di tataran global, sebanyak 90-95% kasus diabetes yang diderita merupakan diabetes tipe 2. Sekedar info, diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya kadar gula (glukosa) yang tinggi di aliran darah. 

Baca Juga: Infused water timun ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Pada awalnya, sel tubuh tidak mampu merespons insulin sebagaimana mestinya (resisten terhadap insulin). Fase selanjutnya, pankreas pun tidak memproduksi insulin yang cukup. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab penyakit diabetes tipe 2 bisa dicegah. Cara pencegahan penyakit ini cukup mudah yakni merubah gaya hidup. 

Umumnya faktor yang meningkatkan risiko diabates adalah makanan, minuman, dan serta malas berolahraga. 

Anda tidak inginkan terkena penyakit diabetes tipe 2 di usia muda. Berikut tips mencegah penyakit diabetes tipe 2. 

1. Mengurangi asupan gula 

Banyak penelitian yang sudah mengaitkan, antara konsumsi gula dengan risiko diabetes tipe 2. Diabetes memang bisa dipicu oleh banyak faktor, termasuk gaya hidup tak sehat. 

Para ahli meyakini, minuman dan makanan bergula tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe II, baik secara langsung maupun tak langsung.

2. Menjadikan air putih sebagai minuman utama 

Alih-alih tiap hari mengonsumsi minuman kekinian dengan rasa yang super manis, Anda sebaiknya lebih sering minum air. 

Asal tahu saja, air putih menjadi minuman paling aman, untuk membuat tubuh senantiasa terhidrasi. Lainnya, air putih bisa meningkatkan kendali tubuh terhadap kadar gula darah, serta respons insulin.

3. Olahraga teratur 

Rutin melakukan aktivitas fisik memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk sebagai cara mencegah diabetes. 

Sekedar info, olahraga bisa meningkatkan sensivitas sel tubuh terhadap insulin. 

Berbagai tipe olahraga, bisa dilakukan untuk mencegah diabetes. Misalnya, latihan kekuatan, latihan aerobik, dan latihan interval intensitas tinggi. 

Anda bisa memilih olahraga yang paling disukai, sehingga bisa dilakukan secara rutin. 

4. Menghindari atau mengurangi karbohidrat sederhana 

Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat yang dicerna lebih cepat. Tak hanya itu, indeks glikemik makanan ini juga tergolong tinggi. 
Dengan demikian, karbohidrat sederhana menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin, setelah Anda mengonsumsinya. 

Apa saja sumber karbohidrat sederhana? Salah satu di antaranya adalah nasi putih, yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. 

Selain itu, tepung putih, pasta, roti putih, soda, dan beberapa makanan ringan juga menjadi sumber karbohidrat sederhana.

5. Menjaga berat badan 

Anda termasuk dalam golongan orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan. Sebaiknya Anda mulai menurunkan berat badan.

Menurunkan badan bukanlah sekadar untuk tingkatkan kepercayaan diri bagi beberapa orang. Menciptakan bobot tubuh yang ideal, merupakan salah cara mencegah diabetes. 

Sebab, kebanyakan kasus diabetes tipe 2, dipicu oleh kondisi obesitas atau berat badan berlebih. Mengurangi bobot jika berlebih, perlu dilakukan untuk turunkan risiko diabetes. 

Ada banyak jenis diet yang bisa dipilih, untuk mendapatkan berat badan ideal. Misalnya, diet rendah karbo, diet Mediterania, atau diet Paleo. 
Walau begitu, pilihlah jenis diet yang sehat, dan bisa dilakukan dalam jangka panjang untuk mempertahankan bobot ideal. Selain itu, kita juga disarankan untuk mengetahui kebutuhan kalori harian. 

Untuk menurunkan bobot, pastikan tubuh berada dalam kondisi defisit kalori. Artinya, kalori dari makanan yang masuk harus lebih sedikit, dibandingkan energi yang dikeluarkan pada hari tersebut. 

6. Kurangi konsumsi makanan instan 

Di zaman yang serba instan, makanan berproses, seperti makanan beku dan mie instan, memang sulit untuk dihindari. Namun, Anda bisa memulai membatasi asupannya, sebagai cara untuk mencegah diabetes. 

Makanan berproses telah dikaitkan dengan beragam masalah kesehatan. Masalah tersebut termasuk obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. 

7. Minum secangkir teh dan kopi 

Selain air putih sebagai minuman utama, menyeruput secangkir kopi atau teh juga bisa Anda lakukan. 

Beberapa penelitian telah membuktikan, konsumsi teh dan kopi, dalam batas wajar, membantu menurunkan risiko dan mencegah diabetes. Salah satu teh yang mudah didapatkan, yakni teh hijau. 

Teh hijau mengandung molekul antioksidan unik, yang dibuktikan ahli bisa menurunkan gula darah, serta meningkatkan sensivitas sel tubuh terhadap insulin.(Wisnubrata) 

Baca Juga: Tidak ingin menderita asam urat di usia muda? Hindari beberapa jenis makanan ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Langkah Mudah Mencegah Diabetes",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×