Kecantikan & Kebugaran

Konsumsi menu diet sehat ini agar berat badan turun

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 10:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Konsumsi menu diet sehat ini agar berat badan turun

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menu diet sehat berfungsi untuk mengatur berat badan Anda agar bisa sesuai dengan yang Anda harapkan. Selain itu, mengonsumsi menu makanan berikut ini juga bisa meningkatkan kesehatan. Jadi, Anda tak akan mudah sakit.

Perhatikan Asupan Kalori

Menghitung jumlah kalori yang masuk ke tubuh tiap hari merupakan hal yang harus Anda perhatikan. Saat ingin menurunkan berat badan, usahkan untuk mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada kalori yang bisa Anda bakar.

Jika defisit kalori sudah terjadi, berat badan Anda bisa turun. Jangan lupa untuk olahraga agar proses pembakaran kalori lebih maksimal. Mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang bisa Anda buang justru membentuk lemak lebih banyak.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

Healthline mengatakan, ada beberapa menu diet sehat yang perlu Anda konsumsi secara rutin. Mulai dari sayur, buah, daging, ikan, kacang, biji, telur, produk olahan susu, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Sedang diet? Ini buah-buahan yang bisa menurunkan berat badan Anda

Sayur dan buah merupakan jenis makanan penting yang harus Anda konsumsi setiap hari. Dua jenis makanan tersebut mengandung banyak serat dan antioksidan sehingga berat badan lebih mudah turun dan mencukupi kebutuhan nutrisi.

Kebutuhan protein tubuh bisa Anda cukupi dengan mengonsumsi daging, ikan, dan telur. Sementara produk olahan susu atau dairy product cocok Anda konsumsi untuk memeuhi kebutuhan kalsium. Untuk memaksimalkan proses diet, jangan lupa untuk minum air putih agar tubuh tak dehidrasi.

Hindari Makanan Ini

Menu diet sehat sebaiknya tak mengandung gula atau pemanis lainnya.

Selain mengonsumsi menu diet sehat, menghindari beberapa jenis makanan juga penting dilakukan agar target berat badan bisa tercapai. Jika Anda belum terbiasa menghindari makanan-makanan berikut, Anda bisa memulai dengan cara mengurangi porsi yang Anda konsumsi.

Baca Juga: 5 Cara menurunkan berat badan secara alami lewat kebiasaan sehari-hari

Pertama, hindari makanan yang mengandung banyak gula. Selain menyebabkan berat badan sulit turun, makanan atau minuman manis juga bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

Kedua, Anda perlu menghindari makanan yang mengandung banyak lemak trans dan minyak sayur. Meski dianggap sehat, Healthline mengatakan bahwa minyak sayur dapat mengganggu keseimbangan omega-6 hingga omega-3 yang bisa menyebabkan masalah.

Mengonsumsi menu diet sehat bukanlah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Anda perlu menerapkan pola hidup sehat lainnya agar diet sukses dilakukan. Misalnya, Anda perlu rutin melakukan olahraga, mencukupi waktu tidur, dan mengelola stres dengan baik.

Selanjutnya: 4 Cara mengecilkan paha yang aman dilakukan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru