Kecantikan & Kebugaran

4 Cara mengecilkan paha yang aman dilakukan

Jumat, 02 Oktober 2020 | 12:54 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara mengecilkan paha yang aman dilakukan

ILUSTRASI. Memenuhi kebutuhan serat bisa jadi salah satu cara mengecilkan paha.

KONTAN.CO.ID - Mempraktikkan cara mengecilkan paha tak hanya bisa menyehatkan badan, tapi juga mampu meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Sayangnya, Anda tak bisa mengecilkan salah satu bagian tubuh saja. Tak hanya membuat paha semakin kecil, tips berikut cocok untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan:

Atur target yang masuk akal

Mengutip dari Live Strong, mengatur target yang masuk akal merupakan hal pertama yang perlu Anda lakukan. Hal itu membuat Anda lebih puas dan semangat untuk membuat tubuh semakin sehat.

Akan lebih baik jika Anda menurunkan berat badan tak lebih dari satu kg tiap minggunya.

Baca Juga: 3 tips mengecilkan perut dan paha, tertarik mencoba?

Kurangi asupan kalori

Cara mengecilkan paha dan bagian tubuh lainnya bisa Anda lakukan dengan mengurangi asupan kalori atau biasa disebut dengan defisit kalori. Defisit kalori adalah saat kalori yang masuk ke tubuh lebih sedikit dari kalori yang mampu Anda bakar.

Ketika hal itu terjadi, lemak berlebih dalam tubuh akan dibakar sebagai sumber energi. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kebutuhan kalori seseorang. Mulai dari usia, aktivitas fisik yang dilakukan, tinggi dan berat badan, hingga jenis kelamin.

Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman di bawah 1.200 kalori. Mengonsumsi terlalu sedikit kalori justru membuat metabolisme menjadi lebih lambat sehingga berat badan justru sulit untuk turun.

Latihan kekuatan (strength training)

Strength training bisa jadi cara mengecilkan paha.

Cara mengecilkan paha juga dapat Anda coba dengan strength training. Anda bisa fokus melatih tubuh bagian bawah, seperti bokong, paha, dan betis.

Beberapa jenis strength training untuk mengecilkan paha adalah squat, lunge, deadlift, dan sejenisnya. Kegiatan ini membuat otot bekerja lebih keras sehingga detak jantung meningkat.

Hal itu membuat kalori terbakar lebih banyak. Tak hanya mengecilkan paha, strength training juga mampu membuat paha lebih kencang dan kuat.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan alami yang aman dilakukan

Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh

Selain rajin melakukan olahraga dan mengurangi kalori, kebutuhan nutrisi tubuh juga perlu dipenuhi agar paha dan bagian tubuh lain bisa mengecil. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi akan membuat Anda lebih kenyang sehingga Anda tak mudah tergoda untuk mengonsumsi makanan ringan.

Live Strong mengatakan, Anda perlu melengkapi menu makan sehari-hari dengan makanan yang mengandung protein dan serat. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi adalah dada ayam, salmon, tuna, tahu, tempe, buah, dan sayur.

Selanjutnya: 3 Tips diet supaya berat badan berhasil turun

Editor: Belladina Biananda


Terbaru