Tips Sehat

Cara menurunkan berat badan alami yang aman dilakukan

Rabu, 12 Agustus 2020 | 10:19 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara menurunkan berat badan alami yang aman dilakukan

ILUSTRASI. Minum kopi hitam tanpa gula bisa jadi cara menurunkan berat badan alami. (KONTAN/ Bidara Pink)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berat badan Anda bisa turun dengan beberapa cara. Alih-alih melakukannya dalam waktu singkat, tapi tidak sehat, Anda bisa memilih cara menurunkan berat badan alami. Menerapkan pola hidup sehat adalah kunci dari jenis diet ini.

Melansir dari Medical News Today (medicalnews.today.com), sebaiknya berat badan tidak turun drastis dalam waktu singkat. Center for Disease Control and Preventive atau CDC mengatakan bahwa berat badan sebaiknya tidak turun lebih dari 1 kg tiap minggu.

Jika Anda menurunkan berat badan lebih dari jumlah tersebut, dikhawatirkan berat badan Anda juga bisa kembali naik lebih cepat. Untuk menanggulanginya, Medical News Today menyebutkan beberapa cara menurunkan berat badan alami yang bisa Anda coba.

Baca Juga: 3 tips mengecilkan perut dan paha, tertarik mencoba?

Camilan Sehat

Siapa sih yang tidak suka ngemil? Selama proses diet, Anda tetap bisa ngemil, lo. Namun, pastikan camilan yang Anda konsumsi tetap sehat, ya. Anda bisa mengganti camilan manis dengan jenis makanan lain, seperti buah, sayur, yogurt rendah lemak, dan lain-lain.

Konsumsi Banyak Protein

Caa menurunkan berat badan alami lainnya bisa Anda coba dengan mengonsumsi banyak protein. Medical News Today mengatakan bahwa makanan yang kaya protein bisa jadi cara jitu mengatasi obesitas.

Mengonsumsi 25-30 g protein tiap kali makan bisa meningkatkan nafsu makan, manajemen berat badan, faktor resiko kardiometabolik, dan lain sebagainya. Anda bisa mengonsumsi sumber protein berupa ayam, telur, ikan, daging, atau kacang-kacangan.

Minum Kopi Hitam

Cara menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan minum kopi. Namun, pastikan untuk tidak menambah gula pada kopi hitam, ya.
Medical News Today mengatakan bahwa kopi bisa membuat metabolisme tubuh meningkat. Selain itu, kopi juga bisa menurunkan resiko penyakit hati dan diabetes. 

Baca Juga: Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil, cocok untuk yang sedang diet

Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat bisa jadi cara menurunkan berat badan alami karena asupan gula juga ikut berkurang. Diet rendah karbohidrayt fokus pada konsumsi karbohidrat utuh (whole carbohydrates), lemak sehat, serat, dan protein.

Daripada membatasi semua karbohidrat dalam waktu singkat, Anda bisa mengatur asupan karbihidrat secara berkelanjutan dalam jangka waktu lama. Penelitian menunjukkan bahwa membatasi konsumsi karbohidrat membuat resiko kolesterol menurun.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru