Kecantikan & Kebugaran

Kondisi kulit bisa dijadikan tanda stress pada wanita, lho

Selasa, 07 Juli 2020 | 12:08 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Kondisi kulit bisa dijadikan tanda stress pada wanita, lho

ILUSTRASI. Jerawat menjadi salah satu tanda stress pada wanita.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tanda stress pada wanita bisa diketahui dari kondisi kulit yang sedang dimiliki. Jika tidak ditangani dengan benar, tanda tersebut tentu saja bisa menjadi masalah serius.

Memiliki masalah kulit sangat mengganggu, apalagi jika masalah tersebut muncul di wajah. Seseorang bisa menjadi tidak percaya diri dengan penampilan. Karena rasa tidak percaya diri, bisa-bisa stress menjadi lebih parah.

  • Tanda Stress Pada Wanita

Tanda stress pertama yang bisa muncul di kulit adalah jerawat. Dilansir dari webmd.com, ketika Anda stress, tubuh Anda akan menghasilkan hormon yang bernama kortisol.

Hormon tersebut dapat menambah produksi minyak di kulit Anda. Hal itulah yang menyebabkan kulit menjadi lebih mudah berjerawat.

Baca Juga: Ingin cantik, hindari makanan yang berpengaruh pada perawatan kulit ini

Selain menimbulkan jerawat, stress yang Anda rasakan juga bisa menyebabkan rasa gatal di kulit. Saat stress dibiarkan dan tidak dikelola dengan benar, bentol dan ruam akan muncul. Hal itu menyebabkan kulit terasa seperti terbakar karena rasa gatal yang ditimbulkan.

Tanda stress pada wanita juga bisa dilihat dari lamanya sebuah luka sembuh. Jika biasanya luka bisa cepat kering, seseorang yang mengalami stress akan memiliki luka yang lebih lama untuk mengering. Anda juga patut wasapada jika luka timbul di sekitar mulut Anda.

Tak hanya menghasilkan minyak berlebih akibat hormon kortisol, tanda stress pada wanita juga bisa ditunjukkan dengan kondisi kulit yang kering. Kondisi tersebut bisa terjadi karena tubuh dehidrasi atau kurang cairan.

Baca Juga: Ingin menghilangkan jerawat? Kenali dulu penyebabnya

Masih dikutip dari laman yang sama, webmd.com mengatakan bahwa salah satu cara untuk mengatasi tanda stress pada wanita adalah dengan mengelola stress dengan benar.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan relaksasi. Anda harus memberi waktu untuk diri Anda agar bisa menjaga jarak dengan sumber stress. Carilah kegiatan relaksasi yang Anda sukai, seperti membaca buku, olahraga, merangkai bunga, dan lain sebagainya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru