Kecantikan & Kebugaran

Ingin menghilangkan jerawat? Kenali dulu penyebabnya

Kamis, 02 Juli 2020 | 12:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ingin menghilangkan jerawat? Kenali dulu penyebabnya

ILUSTRASI. Menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dari penyebabnya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisa dikatakan, jerawat adalah musuh bagi sebagian orang. Cara menghilangkan jerawat pun beraneka ragam. Mulai dari menggunakan produk perawatan sampai memakai bahan organik.

Menurut data yang disampaikan oleh medicalnewstoday.com, lebih dari 80% remaja mengalami jerawat. Biasanya, hal itu disebabkan karena perubahan hormon ketika pubertas. 

Selain remaja, 3% pria dan 12% wanita dengan usia lebih dari 25 tahun juga masih memiliki jerawat. Namun, tahukah Anda bahwa jerawat yang muncul di area yang berbeda disebabkan oleh alasan yang berbeda pula?

Baca Juga: Berikut manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah

Pertama, jerawat yang muncul di dagu dan rahang biasanya disebabkan karena Anda sedang dalam masa menstruasi. Tak hanya di area tersebut, biasanya jerawat juga bisa muncul di daerah leher bagian belakang.

Sayangnya, cukup mustahil menghilangkan jerawat di area-area tersebut karena berhubungan dengan kondisi hormon dalam tubuh.

Jerawat juga bisa muncul di bagian pipi dan pelipis. Jerawat yang muncul di area ini disebabkan karena Anda terlalu banyak menyentuh wajah. Untuk menghilangkan jerawat di bagian tersebut, Anda bisa mengurangi intensitas memegang wajah dengan tangan.

Selain itu, penggunaan produk perawatan rambut juga harus diperhatikan. Jangan menggunakannya secara berlebihan hingga produk-produk tersebut menyentuh wajah.

Bagian dekat bibir menjadi area lainnya di mana jerawat sering muncul. Penyebabnya adalah karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak.

Cara menghilangkan jerawat di bagian ini tentu saja dengan membatasi makanan berminyak. Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi bahan makanan bergizi lainnya, seperti buah dan sayur.

Baca Juga: Ini cara alami atasi jerawat di bokong

Jerawat juga biasa muncul di bagian hidung. Remaja yang sedang melewati pubertas sering mengalami ini. Akan tetapi, orang dewasa juga tidak luput untuk mengalaminya, lho.

Jerawat yang muncul di hidung bisa disebabkan karena Anda merasa stres yang cukup berat. Relaksasi menjadi cara menghilangkan jerawat di area ini.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Ada baiknya untuk menjauhi sumber stres agar jerawat tidak lebih parah.

Setelah mengetahui penyebab-penyebabnya, Anda bisa lebih mudah untuk menghilangkan jerawat. Namun, kalau kondisi jerawat semakin buruk, jangan ragu untuk segera mendatangi dokter kecantikan, ya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru