Kesehatan Umum

Heboh kalung corona, kayu putih bisa redakan batuk, asma, sampai sakit sendi

Selasa, 07 Juli 2020 | 10:47 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Heboh kalung corona, kayu putih bisa redakan batuk, asma, sampai sakit sendi

ILUSTRASI. Salah satu manfaat kayu putih untuk kesehatan adalah bisa dipakai untuk meredakan batuk.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa hari terakhir, kayu putih heboh diperbincangkan banyak orang. Pemicunya adalah kalung anti corona yang dikenalkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Kementan menyebut kayu putih menjadi bahan utama kalung yang dikatakan mampu melawan virus corona. Lepas dari kontroversi yang ditimbulakan kabar itu, kayu putih (eucalyptus) memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Apa saja sih manfaat kayu putih? Yuk, kita periksa beberapa di antaranya.

Baca Juga: Ini obat herbal yang ampuh menyembuhkan rematik

Kayu putih sebagai obat herbal pereda batuk

Sejak bertahun-tahun lalu, manfaat kayu putih sebagai obat herbal untuk kesehatan sudah banyak ditemukan. Salah satunya adalah kandungan yang dimiliki oleh kayu putih bisa Anda pakai untuk meredakan batuk.

Hal itu menyebabkan banyak obat medis yang menggunakan kayu putih sebagai bahan dasar. Dilansir dari healthline.com, sekitar 1.2 persen kayu putih dipakai untuk obat gosok. Obat tersebut digosokkan pada dada dan leher agar batuk bisa cepat hilang.

Hal yang sama juga berlaku bagi batuk berdahak. Untuk mengeluarkan lendir yang mengganggu pernapasan, Anda bisa menggunakan obat berbahan dasar kayu putih.

Obat herbal kayu putih meredakan asma dan sinusitis

Jika Anda memiliki penyakit asma atau sinusitis, pengobatan secara herbal menggunakan tambahan bahan berupa kayu putih bisa Anda jadikan pilihan. Terapi uap bisa ditambah dengan kayu putih agar proses pengobatan bisa lebih cepat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kayu putih bisa membantu Anda untuk mengeluarkan lendir. Pernapasan Anda bisa jadi lebih nyaman. Namun, ada juga tipe orang yang alergi terhadap kayu putih. Ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Berikut makanan yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Obat herbal kayu putih untuk mengobati sakit sendi dan otot

Kayu putih sebagai obat herbal memiliki kandungan anti-inflamasi yang sangat berguna untuk Anda pakai ketika sendi atau otot sakit. Dikutip dari womenshealthmag.com, Anda bisa mengoleskan obat gosok berbahan dasar kayu putih di area otot atau sendi yang sedang sakit.

Manfaat kayu putih sebagai obat herbal juga bisa Anda rasakan di bagian kepala Anda. Kayu putih memiliki kandungan antijamur, di mana kandungan tersebut bisa dipakai untuk menyehatkan kulit kepala dan mengusir ketombe.

Masih dilansir dari laman yang sama, womenshealthmag.com menyebutkan, Anda bisa menggabungkan dua sampai empat tetes minyak kayu putih dengan satu sendok makan minyak kelapa. Lalu, usapkan campuran tersebut di bagian kulit kepala. Diamkan selama kurang-lebih 20 menit kemudian bilas hingga bersih.

Itulah manfaat kayu putih untuk kesehatan. Sudah banyak produk kesehatan yang menggunakan kayu putih sebagai bahan dasar. Hal itu memudahkan Anda untuk kesehatan tubuh Anda.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru