Kecantikan & Kebugaran

Ingin cantik, hindari makanan yang berpengaruh pada perawatan kulit ini

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:04 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ingin cantik, hindari makanan yang berpengaruh pada perawatan kulit ini

ILUSTRASI. Perawatan kulit tak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/11/10/2014

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Melakukan perawatan kulit adalah hal penting, apalagi bagi orang dewasa yang memiliki banyak masalah pada kulit. Berbagai macam cara dilakukan untuk bisa mendapat kondisi kulit sehat sesuai dengan keinginan.

Anda bisa menggunakan berbagai macam produk perawatan, mulai dari masker, pelembab, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengunjungi dokter kecantikan untuk mendapat konsultasi yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Akan tetapi, masih banyak orang yang belum sadar bahwa perawatan kulit tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam. Makanan dan minuman yang Anda konsumsi memiliki peran penting pada kondisi kulit Anda.

Baca Juga: Perawatan wajah itu mudah, makanan ini bisa bikin kulit cerah

Makanan Berlemak

Makanan berlemak merupakan jenis makanan yang sebaiknya Anda batasi. Jumlah lemak yang berlebihan masuk dalam tubuh akan membuat kondisi kulit menjadi lebih buruk. Perawatan kulit apapun yang Anda lakukan akan berakhir sia-sia jika makanan berlemak tetap Anda konsumsi dalam jumlah yang banyak.

Makanan berlemak yang dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat kulit menjadi kusam, bengkak, dan menyebabkan munculnya lingkar hitam di bawah mata.

Kafein

Minuman berkafein memang cocok dipakai sebagai teman ketika menyelesaikan pekerjaan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi kafein berdampak buruk bagi kesehatan kulit, lho.

Mengutip dari olay.co.uk, kafein membuat tubuh menjadi lebih mudah dehidrasi. Hal yang sama juga bisa disebabkan karena konsumsi alkohol dan sodium yang berlebihan.

Jika tidak dibarengi dengan mengonsumsi air putih, kulit akan mudah berkerut dan kendur. Tanpa disadari pula, kafein bisa membuat hormon penyebab stres meningkat. Karena hal tersebut, perawatan kulit terasa sia-sia karena jerawat akan mudah muncul.

Baca Juga: Ingin menghilangkan jerawat? Kenali dulu penyebabnya

Dairy Product

Dairy product adalah segala jenis makanan yang terbuat dari hasil pengolahan susu. Contoh dairy product yang mudah Anda temukan adalah es krim dan keju.

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi dairy product, jumlah androgen dalam tekanan darah akan meningkat. Peningkatan tersebut akan membuat kulit menjadi lebih mudah bermasalah karena menghasilkan terlalu banyak minyak.

Masih dari sumber yang sama, olay.co.uk menyebutkan bahwa dairy product bisa menyebabkan munculnya banyak jerawat. Jerawat biasanya muncul di area dekat bibir dan rahang.

Untuk menghindari perawatan wajah yang tak membuahkan hasil karena mengonsumsi makanan-makanan tersebut, ada baiknya untuk mengganti ke sumber makanan lain. Anda bisa mengisi cairan tubuh dengan minum air putih.

Air putih dapat membuat tubuh menjadi terhidrasi dengan baik. Ketika tubuh memiliki cukup cairan, kulit menjadi lebih lembab sehingga kondisinya menjadi lebih sehat.

Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi teh hijau. Teh hijau menjadi perawatan kulit yang cukup ampuh karena bisa membuat kulit lebih lembut dan elastis. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan antiinflamasi dan antioksidan dalam teh hijau.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru