kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali Manfaat Bunga Teratai Untuk Melancarkan Pencernaan, Ada 7 Khasiat Ini


Rabu, 29 Mei 2024 / 16:39 WIB
Kenali Manfaat Bunga Teratai Untuk Melancarkan Pencernaan, Ada 7 Khasiat Ini
ILUSTRASI. Manfaat Bunga Teratai Untuk Melancarkan Pencernaan


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat bunga teratai untuk melancarkan pencernaan termasuk khasiat yang penting diketahui. Tak hanya itu, masih banyak manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan.

Bunga teratai, dengan kecantikan dan ketenangannya, telah menjadi simbol yang penting dalam banyak budaya di seluruh dunia. 

Tidak hanya sebagai bunga yang indah, tetapi teratai juga memiliki manfaat kesehatan yang mengejutkan. Sebagai bunga yang tumbuh di air, teratai memiliki banyak sifat yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Kamera Pocket Terbaik Tahun 2024, Catat Ya!

Melansir dari Healthline, bunga teratai banyak mengandung senyawa flavonoid dan alkaloid yang dapat berperan sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat bunga teratai untuk kesehatan di antaranya:

Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Bunga teratai dikenal memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Aroma lembut dari bunga teratai dapat merangsang perasaan rileks dan meningkatkan suasana hati. Ini telah digunakan dalam berbagai bentuk terapi aromaterapi dan meditasi untuk meredakan stres.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Kamera Canon Terbaik Tahun 2024, Mau Beli?

Memperbaiki Kualitas Tidur

Aroma bunga teratai yang harum juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Merupakan praktik yang umum untuk meletakkan bunga teratai di dalam kamar tidur atau menggabungkan minyak esensial teratai dalam aromaterapi sebelum tidur. Ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan segar.

Merangsang Sirkulasi Darah

Air yang tumbuh dengan bunga teratai biasanya memiliki suhu yang lebih rendah daripada suhu tubuh manusia. Ketika Anda merendam kaki Anda dalam air dengan bunga teratai, itu dapat merangsang sirkulasi darah. Ini dapat membantu meredakan pembengkakan dan meredakan ketegangan otot. Teratai juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Baca Juga: Manfaat Buah Langsat Untuk Melancarkan Pencernaan, Cek 6 Khasiat Lainnya

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Teratai mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda. Ekstrak bunga teratai digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit untuk mengurangi peradangan, mengurangi noda, dan meningkatkan kelembapan kulit. Senyawa dalam teratai juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Mendukung Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga teratai dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan serat dalam bunga teratai juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Efek Antioksidan

Teratai mengandung senyawa antioksidan, seperti fenolik dan flavonoid, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan proses penuaan.

Baca Juga: Catat 9 Khasiat Penting dan Manfaat Blueberry Untuk Menurunkan Risiko Kanker

Melancarkan Pencernaan

Akar teratai telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Makanan atau minuman yang mengandung ekstrak akar teratai dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×