kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 5 Makanan Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari, Waspada Ya!


Minggu, 05 Maret 2023 / 15:00 WIB
Kenali 5 Makanan Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari, Waspada Ya!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Menghindari makanan pantangan asam urat sangat penting dilakukan oleh penderita asam urat. Bukan tanpa alasan, makanan pantangan asam urat dapat memperburuk kondisi penderitanya. Sehingga asupan makanan penderita asam urat penting untuk dijaga.

Asam urat umumnya disebabkan muncul karena gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, cara yang paling ampuh untuk mengobati asam urat sendiri adalah dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya Anda harus menghindari pantangan-pantangan yang bisa meningkatkan jumlah asam urat menjadi lebih parah.

Baca Juga: Cek Yuk 10 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

Melansir dari On Health, ada beberapa pantangan asam urat yang perlu dihindari, di antaranya sebagai berikut: 

1. Daging Merah 

Jika Anda gemar mengkonsumsi daging, mulai sekarang harus berhati-hati khususnya jika Anda mempunyai penyakit asam urat. Sama halnya dengan seafood, mengkonsumsi daging merah juga dapat memperburuk kondisi asam urat yang Anda alami.

Baca Juga: Tengok 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

2. Ikan 

Pantangan asam urat selanjutnya yaitu ikan. Ada beberapa ikan yang harus dihindari bagi penderita asam urat, salah satunya ikan tuna. Untuk itu, cobalah untuk tidak mengkonsumsi ikan secara berlebihan. 

3. Seafood 

Seafood adalah salah satu pantangan yang benar-benar harus dihindari bagi Anda yang menderita asam urat. Pasalnya, seafood mengandung banyak purin yang mampu memperburuk asam urat Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui, Cek Yuk!

4. Minuman Beralkohol 

Mengkonsumsi minuman beralkohol juga merupakan salah satu pantangan asam urat yang sangat harus dihindari. Selain dapat memperburuk kondisi penyakit asam urat, mengkonsumsi minuman beralkohol juga tidak baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Cek Yuk!

5. Makanan dan Minuman Manis 

Makanan dan minuman manis juga harus Anda hindari jika menderita asam urat. Pasalnya, makanan dan minuman manis termasuk pantangan asam urat yang harus dihindari. 

Selain dapat memperburuk asam urat, makan dan minuman manis juga mempunyai risiko tinggi meningkatkan kadar gula darah dan diabetes.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×