kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tengok 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui


Jumat, 03 Maret 2023 / 11:37 WIB
Tengok 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat bayam merah untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Simak beberapa manfaat bayam merah untuk kesehatan yang teruji secara klinis. Tak heran, manfaat  bayam merah untuk kesehatan sangat menarik untuk diketahui.

Bayam merah merupakan salah satu di antara beberapa jenis bayam, seperti bayam putih, bayam duri, bayam tanah dan lain-lain. Bayam merah juga kerap dijadikan bahan ramuan obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit.

Banyaknya manfaat yang diberikan ketika mengkonsumsi bayam merah karena sayuran tersebut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, dan masih banyak nutrisi lainnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian, Apa Saja?

Bayam merah juga mempunyai rasa yang lumayan lezat. Serta sering diolah dan dikonsumsi menjadi berbagai jenis aneka hindangan. Lantas apa saja manfaat bayam merah untuk kesehatan?

Melansir dari The Health Site, berikut beberapa manfaat bayam merah untuk kesehatan, di antaranya:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bayam merah juga bermanfaat untu membantu mengurangi kadar insulin dalam darah Anda karena kandungan proteinnya. Protein melepaskan hormon yang membantu menurunkan rasa lapar yang konstan dan bertindak sebagai penghenti rasa lapar. 

Hal tersebut juga membantu menjaga rasa lapar Anda karena kandungan seratnya. Oleh sebab itu mengkonsumsi bayam merah dapat menurunkan berata badan dan cocok dikonsumsi saat diet.

Baca Juga: Coba Simak 5 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Boleh Dilewatkan

2. Mengobati Anemia

Bayam merah sangat bermanfaat untuk perkembangan aliran darah di sistem Anda karena mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Konsumsi bayam merah setiap hari dapat memurnikan darah Anda dan meningkatkan kadar hemoglobin, sehingga secara alami meningkatkan aliran darah Anda. Jika Anda menderita anemia, Anda patut mencoba memasukkan bayam merah ke dalam menu makanan Anda.

3. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Dilansir dari The Health Site, terdapat berbagai penelitian bahwa makan bayam merah setiap hari dapat meningkatkan fungsi ginjal Anda, terutama karena kandungan seratnya yang tinggi. 

Pasalnya, bayam merah mampu membantu membuang racun dari ginjal jika mengkonsumsi salah satu jenis bayam ini secara rutin.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Sudah Tahu?

4. Melancarkan Sitem Pencernaan

Bayam merah sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan Anda karena kandungan seratnya. Dengan mengkonsumsi bayam merah yang mengandung banyak serat dapat membantu mengatur pergerakan usus Anda. 

Hal tersebut meningkatkan kesehatan usus besar Anda dan juga meningkatkan proses pencernaan. Ini mencegah kanker usus besar, kolesterol, diabetes dan juga membantu dalam menghilangkan sembelit.

Baca Juga: Kenali Yuk 6 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian, Apa Saja?

5. Mengobati Asma

Manfaat bayam merah selanjutnya yaitu dapat Anda jadikan sebagai bahan alami untuk mengobati asma. Pasalnya, bayam merah memiliki kandungan betakaroten yang baik serta nutrisi yang dapat membantu untuk mencegah timbulnya penyakit asma. Hal tersebut membersihkan segala batasan di saluran bronkial dan meningkatkan fungsi sistem pernapasan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×