kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Ibu Hamil


Rabu, 22 Februari 2023 / 14:07 WIB
8 Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
ILUSTRASI. Manfaat sayur bayam juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Bayam merupakan jenis sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Ternyata ada sejumlah manfaat bayam untuk kesehatan.

Di Indonesia, bayam biasanya diolah menjadi sayur bening. Serta ditambahkan wortel, jagung, maupun oyong.

Takhanya itu, bayam juga kerap menjadi camilan dengan digoreng. Manfaat sayur bayam selain dilihat dari kandungan nutrisi yang dimilikinya juga dapat dilihat melalui warna pada sayur tersebut.

Sayur bayam yang berwarna hijau artinya memiliki banyak kandungan klorofil dan karotenoid. Kandungan tersebut membuat manfaat sayur bayam tersebut dapat melawan berbagai penyakit dan juga menjaga daya tahan tubuh. Lantas apa saja manfaat bayam?

Baca Juga: 6 Jenis Maki Sushi Ala Jepang Berdasarkan Ukuran dan Penyajiannya

Kandungan nutrisi bayam

Manfaat bayam salah satunya yakni bagus untuk kesehatan tulang.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, kandungan nutrisi bayam adalah beragam jenis antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Selain itu bayam juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti:

  • Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Vitamin E
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Asam folat
  • Kalsium
  • Kalium

Baca Juga: 10 Makanan & Minuman Pantangan Usia 40 Tahun ke Atas, Kurangi dari Sekarang

Manfaat bayam untuk kesehatan

Manfaat bayam selanjutnya adalah membantu mencegah anemia defisiensi zat besi.

Dirangkum dari Live Sciences, berikut manfaat bayam bagi kesehatan:

1. Kesehatan tulang

Manfaat bayam salah satunya yakni bagus untuk kesehatan tulang. Sebab, bayam memiliki kandungan vitamin K dan magnesium.

Dalam satu porsi mangkuk bayam matang mengandung 987% kebutuhan vitamin K harian dan 39% magnesium. Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin K penting untuk kesehatan tulang.

Baca Juga: Sudah Tahu Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan Tubuh? Simak Yuk!

Vitamin K dapat mengurangi tingkat patah tulang. Selain itu, bersama dengan vitamin D, vitamin K juga meningkatkan kepadatan tulang.

Takhanya itu, kadar kalium yang tinggi dalam bayam juga membantu melindungi dari kehilangan kepadatan mineral tulang.

Baca Juga: Lakukan Rutin! Ini 5 Gerakan Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mata

2. Mencegah anemia defisiensi zat besi

Manfaat bayam selanjutnya adalah membantu mencegah anemia defisiensi zat besi. Sebab, bayam memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.

Tanpa zat besi yang cukup, darah tidak dapat menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam darah yang memberi warna merah pada sel darah dan bertugas mengangkut oksigen ke organ.

Untuk itu, makan makanan kaya zat besi penting bagi mereka yang menderita atau berisiko anemia.

Baca Juga: Cara Mengurangi Berat Badan Secara Alami, Pilih Konsumsi Makanan Berikut

3. Kesehatan kulit dan rambut

Manfaat sayur bayam juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Bayam mengandung vitamin A yang tinggi, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembab.

Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga kulit tampak awet muda dan penyembuhan luka.

Asupan vitamin C yang cukup dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

Baca Juga: 6 Makanan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Yuk Catat!

Manfaat bayam juga dapat menunjang tumbuh kembang janin karena kandungan asam folatnya.

4. Mencegah kanker

Bayam menonjol dalam hal campuran komponen fitonutriennya. Bayam mengandung agen pelawan kanker yang disebut methylenedioxyflavonol glukuronida.

Selain itu, kadar klorofil bayam yang tinggi mungkin memiliki efek anti kanker dan anti karsinogen. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menjelaskan, korofil membantu mengikat hidrokarbon, aflatoksin, dan molekul hidrofobik lain yang mungkin terkait dengan kanker.  

Selain itu, sebuah penelitian di Jepang tahun 2001 menemukan bahwa daun bayam mengandung dua promotor antitumor yang kuat. Sehingga, manfaat sayur bayam juga bisa mencegah kanker dan tumor.

Baca Juga: Patut Dicoba nih! 5 Makanan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol, lo

5. Mengurangi gejala asma

Kandungan magnesium bayam juga bagus untuk penderita asma. Magnesium bisa menjadi pengobatan darurat yang efektif untuk serangan asma.

Selain itu, bayam juga memiliki beta-karoten tinggi yang dapat membantu penderita asma mengurangi gejalanya. Sehingga, manfaat bayam juga bagus untuk mengurangi gejala asma.

Baca Juga: Makanan Minuman Pantangan Asam Urat, Cek Cara Menurunkan Asam Urat dengan Alami

6. Baik untuk kehamilan

Manfaat bayam juga dapat menunjang tumbuh kembang janin karena kandungan asam folatnya. Asam folat adalah zat yang dibutuhkan untuk membantu mencegah cacat tabung saraf, khususnya spina bifida dan anencephaly yang terjadi pada awal kehamilan.

Satu mangkuk kecil bayam dapat membantu meningkatkan asupan asam folat hingga 66% dari kebutuhan folat harian sebelum kehamilan.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Sayur Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis

7. Kesehatan mata

Bayam adalah sumber karotenoid lutein dan zeaxanthin yang baik. Kandungan itu membuat manfaat bayam dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Menurut The Scripps Research Institute, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang makan bayam tiga kali seminggu memiliki risiko 43% lebih rendah terkena degenerasi makula.

Baca Juga: Selain Sumber Serat, Ini Pentingnya Makan Sayur Untuk Kesehatan Tubuh

8. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat sayur bayam juga bisa menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh. Manfaat ini didapatkan karena sayur bayam memiliki kandungan nitrat dalam jumlah yang tinggi.

Demikian penjelasan mengenai manfaat bayam dan manfaat sayur bayam untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×