kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kaya Vitamin, Ini 7 Jus Buah dan Sayur untuk Mengatasi Jerawat


Selasa, 19 September 2023 / 12:10 WIB
Kaya Vitamin, Ini 7 Jus Buah dan Sayur untuk Mengatasi Jerawat
ILUSTRASI. Kaya Vitamin, Ini 7 Jus Buah dan Sayur untuk Mengatasi Jerawat


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip daftar jus buah dan sayur untuk mengatasi jerawat yang membandel. Asupan nutrisi yang penting untuk menyehatkan kulit dan melawan radikal bebas.

Jerawat adalah kondisi kulit yang dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk hormon, produksi minyak berlebihan, peradangan, dan bakteri.

Nutrisi yang tepat dapat membantu mengatasi jerawat dengan mempengaruhi keseimbangan hormon, mengurangi peradangan, dan memperbaiki kesehatan kulit.

Pastikan Anda konsumsi makanan sehat yang dapat membantu meregenerasi kulit dengan baik.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Bahaya Minum Kopi Susu Berlebihan Setiap Hari

Jus buah

Nutrisi untuk mengatasi jerawat

Berikut adalah beberapa nutrisi yang berguna untuk membantu mengatasi jerawat:

  • Vitamin A: Vitamin A memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebihan di kulit. Produk-produk dengan retinoid (turunan dari vitamin A) dapat membantu mengobati jerawat.
  • Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan yang kuat dan dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat jerawat. Ini juga membantu merangsang produksi kolagen, yang diperlukan untuk kulit yang sehat.
  • Vitamin E: Vitamin E juga adalah antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Ini membantu dalam penyembuhan dan perbaikan jaringan kulit.
  • Zinc (Seng): Seng memiliki efek antimikroba dan antiinflamasi, sehingga membantu mengendalikan peradangan dan mengurangi jerawat. Zat ini juga membantu mempercepat penyembuhan luka.
  • Vitamin D: Vitamin D dapat membantu mengurangi peradangan dan membantu kulit tetap sehat. Paparan sinar matahari dengan bijak adalah cara alami untuk mendapatkan vitamin D.
  • Air: Minumlah banyak air untuk menjaga kulit terhidrasi dan membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Air membantu membersihkan toksin dan mempertahankan elastisitas kulit.
  • Biotin: Biotin, atau vitamin H, penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Namun, konsumsi berlebihan biotin juga dapat menyebabkan jerawat pada beberapa individu, jadi pastikan untuk mengontrol dosisnya.

Setelah mengenal beberapa nutrisi yang penting untuk jerawat, Anda bisa memilih opsi olahan jus buah yang mudah dikonsumsi.

Jus buah dan sayuran bisa menjadi tambahan yang baik dalam perawatan kulit untuk membantu mengatasi jerawat. Namun, penting untuk diingat bahwa jus saja tidak akan secara ajaib menyembuhkan jerawat.

Jerawat dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk pola makan, perawatan kulit, kebersihan, dan gaya hidup secara keseluruhan. Jus sehat dapat membantu memberikan nutrisi tambahan yang baik untuk kulit Anda.

Simak sederet jus buah dan sayur untuk mengatasi jerawat yang mengandung nutrisi penting dilansir dari Only Glutenfree Recipes.

Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Khasiatnya Bagi Kulit

Jus buah dan sayur untuk mengatasi jerawat

1. Jus Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang baik untuk kulit dan memiliki sifat antimikroba. Campurkan air lemon segar dengan air hangat dan minum setiap pagi untuk membersihkan tubuh dan kulit.

2. Jus Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten yang penting untuk kulit sehat. Jus wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan.

3. Jus Bit

Bit mengandung antioksidan dan antiinflamasi alami yang dapat membantu membersihkan kulit. Jus bit juga membantu detoksifikasi tubuh.

4. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit, termasuk jerawat. Ambil gel lidah buaya dan campurkan dengan jus buah lainnya.

5. Jus Timun

Timun memiliki kandungan air tinggi dan membantu membersihkan tubuh dari dalam. Ini juga membantu menjaga kulit tetap hidrasi dan menyegarkan.

6. Jus Seledri

Seledri mengandung vitamin A, K, dan C yang baik untuk kulit. Jus seledri dapat membantu membersihkan kulit dan mengurangi jerawat.

7. Jus Pisang

Pisang mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, dan E yang baik untuk kulit. Pisang juga dapat membantu dalam mengurangi peradangan pada kulit.

Selain jus, pastikan untuk menjaga pola makan sehat, minum banyak air, dan menjalani rutinitas perawatan kulit yang baik.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau ahli kesehatan sebelum membuat perubahan besar dalam diet Anda.

Demikian beberapa pilihan jus buah dan sayur yang berguna untuk mengatasi jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×