kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kaya nutrisi, inilah 4 manfaat buah naga


Sabtu, 17 Oktober 2020 / 09:55 WIB
Kaya nutrisi, inilah 4 manfaat buah naga


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda bisa mendapat manfaat buah naga jika mengonsumsinya secara rutin. Buah berwarna keunguan atau putih ini mengandung banyak nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh dan menghindarkannya dari serangan penyakit.

Kaya Nutrisi

Buah naga termasuk dalam superfood bukan karena tanpa alasan. Buah ini mengandung banyak serat dan nutrisi serta rendah kalori sehingga juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan seseorang.

Mengutip dari Healthline, dalam 227 g buah naga, terdapat 136 kalori, 3 g protein, 0 g lemak, 29 g karbohidrat, dan 7 g serat. Selain itu, buah naga juga memiliki polyphenol, karotenoid, dan betacyanin.

Melawan Penyakit Kronis

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit kronis adalah dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Buah ini mengandung banyak antioksidan yang bisa membasmi radikal bebas penyebab inflamasi dan penyakit.

Baca Juga: 5 Manfaat pisang yang bisa dirasakan oleh tubuh

Beberapa jenis penyakit yang bisa dihindari dengan rajin makan buah naga adalah penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Dalam satu buah naga, Anda bisa mendapat vitamin C, betalain yang melawan stres oksidatif, dan karotenoid yang bisa mengurnagi resiko kanker.

Menjaga Kesehatan Usus

Healthline mengatakan, ada banyak bakteri yang berada di usus. Saat jumlah bakteri baik dalam usus tak seimbang, kondisi kesehatan Anda bisa terganggu. Misalnya, Anda dapat mengalami penyakit jantung atau asma.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengonsumsi buah naga secara rutin karena buah ini mengandung prebiotik. Prebiotik mampu menyeimbangkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga tubuh Anda mampu menghindari infeksi saluran pencernaan, seperti diare.

Baca Juga: Sedang diet? Ini buah-buahan yang bisa menurunkan berat badan Anda

Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh yang kuat akan menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit. Salah satu manfaat buah naga adalah menguatkan sistem imun tubuh Anda. Vitamin C dan karotenoid akan menjaga sel darah putih dari kerusakan.

Sel darah putih berfungsi melawan benda asing berbahaya yang masuk ke tubuh. Meski demikian, sel darah putih rawan rusak, jadi perlu dijaga dengan baik. Selain vitamin C dan karotenoid, sel darah putih juga akan dijaga oleh antioksidan dalam buah naga.

Selanjutnya: Inilah 4 manfaat yogurt yang baik untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×