Kesehatan Umum

5 Manfaat pisang yang bisa dirasakan oleh tubuh

Rabu, 07 Oktober 2020 | 12:09 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Manfaat pisang yang bisa dirasakan oleh tubuh

ILUSTRASI. Manfaat pisang bisa dirasakan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

KONTAN.CO.ID - Siapa yang suka pisang? Buah yang umumnya berwarna kuning ini memiliki banyak manfaat, lo. Manfaat pisang didapat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Mulai dari kaya akan vitamin B6, dan vitamin C, serta rendah lemak, sodium, dan kolesterol. Nah, berikut manfaat pisang untuk tubuh Anda:

Vitamin B6

Vitamin B6 digunakan dalam tubuh untuk memproduksi darah dan mengatur kesehatan sistem saraf. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk membantu metabolisme asam amino, karbohidrat, dan lemak, serta membuang zat kimia yang tak diperlukan dari liver dan ginjal.

Mengutip dari Health Xchange, pisang berukuran sedang bisa memenuhi ΒΌ vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh tiap hari. Manfaat pisang juga bisa dirasakan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi semakin baik.

Vitamin C

Pisang mampu memenuhi 10% kebutuhan tubuh akan vitamin C. Vitamin C dalam tubuh berfungsi untuk menghindari kerusakan sel dan jaringan, meningkatkan penyerapan zat besi, serta memproduksi kolagen dan serotonin.

Baca Juga: Jus pisang efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Manganese

Manganese atau biasa disebut mangan adalah salah satu nutrisi yang membantu vitamin C memproduksi kolagen. Selain membuat kulit terasa semakin kencang, mangan juga mampu menjaga kulit dari serangan radikal bebas.

Pisang berukuran sedang bisa memenuhi 13% kebutuhan mangan Anda tiap hari.

Mengobati masalah pencernaan

Health Xchange menyebutkan, pisang berukuran sedang bisa memenuhi 10% sampai 12% kebutuhan serat seseorang. Serat berperan penting karena membantu tubuh mengontrol gula darah, membuah kolesterol, dan mempermudah buang air besar.

Selain membantu tubuh dari serangan bakteri jahat, pisang juga mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Artinya, keinginan untuk mengonsumsi camilan semakin turun sehingga berat badan bisa berkurang.

Baca Juga: Menderita kolesterol tinggi? Ini buah-buahan yang bisa menurunkan kadar kolesterol

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pisang bisa berdampak pada kesehatan jantung.

Sebesar 10% kebutuhan potasium tubuh tiap hari bisa terpenuhi dengan mengonsumsi pisang berukuran sedang. Kesehatan jantung bisa terjaga jika kebutuhan potasium terpenuhi.

Di sisi lain, pisang mengandung sedikit sodium sehingga tekanan darah Anda bisa lebih terkontrol. Namun, beberapa orang memiliki kondisi di mana jumlah potasium dalam tubuhnya terlalu tinggi.

Jika Anda salah satu orang dengan kondisi seperti itu, sebaiknya hindari mengonsumsi pisang terlalu banyak. Bahkan, jika memang diperlukan, hindari pisang secara keseluruhan.

Selanjutnya: Sedang diet? Ini buah-buahan yang bisa menurunkan berat badan Anda

Editor: Belladina Biananda


Terbaru