Penyakit Menular

Kasus positif corona bertambah, ini yang perlu dilakukan oleh penderita kanker

Sabtu, 11 Juli 2020 | 14:37 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Kasus positif corona bertambah, ini yang perlu dilakukan oleh penderita kanker

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Per tanggal 10 Juli 2020, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan bahwa kasus positif corona masih bertambah di Indonesia. Dilansir dari akun Twitter resminya (@BNPB_Indonesia), Gugus Tugas Nasional mengatakan ada penambahan 1.611 orang yang positif corona. Pasien sembuh dan meninggal juga bertambah. 878 pasien dinyatakan sembuh dari virus corona dan kasus meninggal akibat virus corona bertambah sebanyak 52 kasus.

Baca Juga: Ingat, stamina harus benar-benar terjaga di tengah pandemi virus corona

Semua orang memiliki kemungkinan bisa terserang virus corona, tidak terkecuali penderita kanker. Penderita kanker yang sedang menjalani perawatan berupa kemoterapi memiliki resiko yang lebih besar untuk terserang virus corona. Hal itu disampaikan dalam cancer.gov. Kemoterapi membuat sistem imun menurun. Itulah mengapa virus corona menjadi lebih mudah menyerang tubuh penderita kanker.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona agar Kasus Positif Corona Tidak Bertambah

Cancer.gov mengatakan, cara terbaik bagi penderita kanker agar tidak terserang virus corona adalah dengan meminimalisasi proses penyebaran virus. Caranya adalah dengan tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut, terlalu sering dengan memakai tangan.

Masih dari laman yang sama, menjaga kebersihan sangat penting untuk dilakukan. Cucilah tangan menggunakan sabun dan air bersih minimal selama dua puluh detik, apalagi setelah keluar dari kamar mandi, sebelum makan, bersin, batuk, atau setelah melakukan kontak dengan orang lain.

Baca Juga: Cara agar kulit tidak iritasi karena terlalu lama pakai masker corona

Cancer.gov juga merekomendasikan agar penderita kanker tetap memiliki persediaan obat-obatan selama pandemi corona. Jangan keluar dari rumah untuk urusan-urusan yang tidak perlu agar tidak terpapar dengan virus.

Jika memang harus keluar rumah, pastikan untuk menjaga jarak dengan orang lain. Hindari pula tempat-tempat yang ramai. Selain itu, jangan lupa untuk memakai masker corona yang benar.

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru