Kesehatan Umum

Kanker serviks, ini gejala, penyebab, dan cara pencegahannya

Kamis, 17 September 2020 | 14:44 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Kanker serviks, ini gejala, penyebab, dan cara pencegahannya

ILUSTRASI. Gejala, penyebab, dan cara pencegahan kanker serviks perlu Anda ketahui untuk menghindarinya.

KONTAN.CO.ID - Kanker serviks merupakan jenis kanker yang menyerang sel di leher rahim, bagian bawah uterus yang terhubung dengan vagina. Gejala, penyebab, dan cara pencegahannya perlu Anda ketahui agar bisa terhindar dari penyakit ini.

Kanker serviks dimulai dengan sel sehat yang bermutasi. Meski bisa berkembang, sel sehat tersebut banyak yang mati. Di sisi lain, sel yang telah bermutasi tumbuh dan berkembang dengan cepat hingga menimbulkan tumor.

Sel yang bermutasi menyerang jaringan terdekat hingga menembus tumor. Setelah itu, sel-sel mutasi tersebut kembali menyerang bagian tubuh yang lain.

Mengutip Mayo Clinic, penyebab kanker serviks masih belum bisa dipastikan. Namun, kemunculan kanker serviks tak bisa dipisahkan dari yang namanya human papillomavirus (HPV) atauĀ infeksi seksual menular.

HPV merupakan hal yang biasa terjadi dan kebanyakan orang dengan virus tersebut tak mengalami kanker. Artinya, faktor lain juga berpengaruh terhadap kemunculan kanker serviks. Misalnya, lingkungan atau gaya hidup yang Anda jalani.

Baca Juga: Ini 7 gejala kanker yang harus diperhatikan sejak dini

Gejala kanker serviks

Mayo Clinic menyebutkan, kanker serviks stadium awal biasanya tak memunculkan tanda atau gejala apapun. Gejala baru muncul seiring berjalannya waktu atau kondisi kanker serviks sudah semakin parah.

Ada beberapa gejala kanker serviks yang perlu Anda waspadai. Contohnya, pendarahan pada vagina setelah berhubungan badan, antara masa menstruasi, atau setelah menopause, dan sakit pinggul.

Faktor risiko

Ada beberapa faktor risiko kanker serviks yang perlu Anda perhatikan. Sel kanker lebih mudah tumbuh dan berkembang jika sistem imun tubuh Anda lemah.

Selain itu, merokok juga dikaitkan dengan sel kanker. Penyakit seksual menular lain yang Anda miliki bisa meningkatkan risiko kanker serviks.

Baca Juga: Beragam cara mencegah kanker, mulai dari hindari konsumsi daging merah

Cara pencegahan kanker serviks

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa cara pencegahan agar Anda terhindar dari kanker serviks. Pertama, usahakan untuk rutin melakukan pap test. Jenis tes ini digunakan untuk mendeteksi kemunculanĀ sel kanker.

Jadi, semakin cepat dideteksi, semakin cepat pula proses penanganannya. Selain itu, melakukan hubungan seksual yang sehat dan menghindari rokok bisa jadi cara mencegah munculnya kanker serviks.

Selanjutnya: Pil KB tingkatkan risiko kanker serviks pada wanita

Editor: Belladina Biananda


Terbaru