kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini 7 gejala kanker yang harus diperhatikan sejak dini


Sabtu, 28 Desember 2019 / 21:05 WIB
Ini 7 gejala kanker yang harus diperhatikan sejak dini

Sumber: intisari online | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Alasannya hingga kini, belum ada obat yang bisa menyembuhkannya dan setiap orang di dunia berisiko mengalaminya.

Hanya saja, ada beberapa penyebab yang bisa kita perhatikan. Misalnya dari gaya hidup yang tidak sehat hingga faktor keturunan.

Baca Juga: Telapak tangan berkeringat menandakan penyakit jantung, mitos atau fakta?

Sayangnya secara sadar atau tidak, banyak orang kerap mengabaikan tanda-tanda kanker. Inilah 7 tanda kanker yang sering diabaikan:

1. Perubahan pada urin
Jika ada darah yang keluar dari urin kita, itu bisa menjadi indikasi dari kanker kandung kemih atau ginjal. Namun seringnya hal ini terjadi pada orang yang menderita infeksi saluran kemih.

Tapi, untuk jaga-jaga kita perlu memeriksanya ke ahli medis.

2. Rasa nyeri atau sakit yang menetap dan tidak bisa dijelaskan
Menurut Bartholomew, rasa sakit bukanlah tanda dari penyakit kanker. Tapi sakit yang terus-menerus perlu diperiksa oleh dokter. Contohnya, sakit kepala yang terus-menerus tidak berarti terjangkit kanker otak. Tapi tetap saja kita perlu memeriksanya untuk mengetahui lebih lanjut.

Ada juga rasa nyeri di bagian dada yang bisa menjadi tanda dari kanker paru-paru. Atau kanker ovarium yang ditandai nyeri di daerah perut.

Baca Juga: Pesta tahun baru segera tiba, simak tips berikut agar tubuh tetap sehat setelah pesta

3.  Perubahan pada penampilan tahi lalat
Perlu kita ketahui sebelumnya, tidak semua tahi lalat mengindikasikan melanoma (kanker kulit). Tapi bercak tahi lalat yang telah berubah perlu mendapat perhatian khusus. Itu bisa saja menjadi tanda-tanda dari kanker kulit.




TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×