kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pesta tahun baru segera tiba, simak tips berikut agar tubuh tetap sehat setelah pesta


Sabtu, 28 Desember 2019 / 13:10 WIB
Pesta tahun baru segera tiba, simak tips berikut agar tubuh tetap sehat setelah pesta


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - Akhir tahun 2019 tinggal menghitung hari, artinya waktu pesta semakin dekat. Anda sebaiknya buat strategi sebelum melahap hidangan pesta, agar kesehatan tetap terjaga.

Umumnya masyarakat menggelar pesta bersama teman-teman untuk merayakan pergantian tahun. Minuman beralkohol, soda, ayam bakar, daging panggang, dan lainnya jadi menu utama di dalam pesta.

Baca Juga: Musim hujan tiba, kenali gejala DBD pada anak

Anda jangan buru-buru menyantap semua hidangan yang ada di atas meja. Ingat! Tidak semua menu makanan tersebut baik untuk kesehatan Anda.

Dari hasil penelitian, terlalu banyak mengkonsumsi daging merah bisa meningkatkan resiko kanker. Bila Anda terlalu banyak makan makanan manis bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes.

Anda tidak inginkan terkena penyakit tersebut. Solusinya, Anda buat strategi khusus saat berpesta, agar tubuh tetap fit esok hari.

Mengutip dari situs American Cancer Society, ada trik yang bisa Anda lakukan ketika berpesta.

Pertama, ada baiknya Anda makan sedikit makanan sebelum berangkat ke pesta. Tujuannya, agar Anda tidak merasa kelaparan dan tergoda untuk menyantap seluruh hidangan.

Kedua, Anda sebaiknya minum segelas air sebelum menikmati hidangan pesta. Air tersebut akan membuat perut Anda merasa kenyang dan tidak ingin makan dalam jumlah besar.

Ketiga, bila Anda merasa lapar sebaiknya mengisi piring dengan buah-buahan dan sayuran. Opsi lainnya, Anda bisa mengisi lebih dari setengah piring dengan makanan bergizi seperti, kacang, daging tanpa lemak, dan lainnya.

Anda sisakan sedikit ruangan di piring untuk menu makanan spesial pesta. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati hidangan pesta seperti tamu lainnya.

Baca Juga: Ini bahaya terlalu sering minum teh dengan boba        

Keempat, Anda sebaiknya jangan duduk atau berdiri menghadap meja makanan, agar tidak lapar mata. Anda dapat berdiri membelakangi meja hidangan atau ikut berkumpul bersama teman-teman di ruangan lain.

Kelima, Anda sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dan soda. Asal tahu saja, minuman tersebut mengandung kalori tinggi yang tidak baik untuk tubuh. Bila haus Anda bisa minum air mineral atau jus buah segar.  

Sumber : American Cancer Society  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×