kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadar Asam Urat Normal dalam Tubuh, Cek Pantangan yang Wajib Diketahui Penderitanya


Rabu, 12 April 2023 / 05:26 WIB
Kadar Asam Urat Normal dalam Tubuh, Cek Pantangan yang Wajib Diketahui Penderitanya
ILUSTRASI. Penyakit asam urat atau gout adalah peradangan yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan di area sendi.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Bagi penderita asam urat, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Sebelumnya, perlu diketahui, penyakit asam urat atau gout adalah peradangan yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan di area sendi. 

Penyakit ini muncul karena kadar asam urat dalam tubuh terlalu tinggi. Asam urat sendiri merupakan sisa metabolisme zat bernama purin. 

Lantas, berapa kadar asam urat normal maupun asam urat tinggi? 

Kadar asam urat normal dalam tubuh 

Dikutip dari laman Medical News Today, asam urat yang diproduksi tubuh biasanya akan larut dalam darah dan mengalir ke organ ginjal. 

Selanjutnya, ginjal akan mengeluarkan kelebihan asam urat melalui urine secara rutin. Namun, karena kondisi tertentu, ginjal tidak bisa mengeluarkan asam urat melalui buang air kecil. 

Kondisi inilah yang menyebabkan asam urat menumpuk dalam darah, dan lama-kelamaan membentuk kristal tajam yang mengendap di persendian. 

Kadar asam urat normal dalam tubuh berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, pola makan, dan kondisi kesehatan individu. Kendati begitu, berikut angka kisaran kadar asam urat normal dalam darah, seperti dikutip Kementerian Kesehatan: 

Baca Juga: Penderita Asam Urat Ingin Makan Sayuran Pantangan, Boleh atau Tidak?

- Anak-anak: 2,0–5,5 miligram per desiliter (mg/dL) 
- Wanita: 2,4–6,0 mg/dL 
- Pria: 3,4–7,0 mg/dL. 

Tanda dan gejala asam urat 

Tanda dan gejala asam urat hampir selalu terjadi secara tiba-tiba. Selain itu, gejala juga lebih sering terjadi pada malam hari. 

Dilansir dari laman Mayo Clinic, berikut sejumlah gejala asam urat yang patut diwaspadai: 

1. Nyeri sendi yang intens 

Penyakit asam urat biasanya menyerang jempol kaki, meski bisa terjadi pada sendi mana pun. Sendi lain yang sering terserang nyeri akibat asam urat ini termasuk pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari-jari. 

Rasa sakit paling parah yang dirasakan bisa berlangsung selama 4-12 jam pertama setelah serangan pertama mulai. 

2. Rasa tidak nyaman setelah nyeri 

Setelah rasa sakit atau nyeri mereda, sendi akan merasakan ketidaknyamanan. Rasa tidak nyaman ini bisa berlangsung hingga beberapa hari atau minggu. 

Pada serangan asam urat selanjutnya, rasa tidak nyaman bisa bertahan lebih lama dan memengaruhi lebih banyak persendian. 

Baca Juga: Makanan Buah & Sayuran Pantangan Asam Urat

3. Peradangan dan kemerahan 

Sendi yang terkena asam urat akan menjadi bengkak, terasa lunak, hangat, dan kemerahan. 

4. Rentang gerak terbatas 

Saat asam urat menyerang, penderita kemungkinan tidak dapat menggerakkan persendian secara normal. Itulah gejala asam urat yang biasanya terjadi. Jadi jika tiba-tiba mengalami nyeri hebat pada persendian, segera hubungi atau kunjungi dokter. 

Pasalnya, asam urat yang tidak diobati dapat menyebabkan sakit luar biasa hingga kerusakan sendi.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×