kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kadar Asam Urat


Sabtu, 01 April 2023 / 04:15 WIB
10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kadar Asam Urat


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Tanaman ini memiliki nama latin Syzygium polyanthum. Nah, ternyata ada segudang manfaat daun salam untuk kesehatan yang jarang diketahui. 

Daun salam dalam Bahasa Inggris juga disebut sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel. Kandungan daun salam di antaranya yakni senyawa niasin, serat, tannin, dan vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, alkaloidsteroidtriterpenoid, maupun flavonoid

Karena kandungannya tersebut, maka ada beberapa khasiat daun salam untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat daun salam? 

Baca Juga: Resep Pepes Telur Asin yang Gurih, Harum, dan Bertekstur Lembut

Manfaat daun salam untuk kesehatan 

Manfaat daun salam juga bisa membantu menurunkan kadar asam urat.

Nah, berikut ini 10 manfaat daun salam, termasuk manfaat rebusan daun salam, seperti dilansir dari Organic Fact:

1. Memperlancar saluran pencernaan

Manfaat daun salam sudah lama digunakan untuk pengobatan gangguan pencernaan. Menurut sebuah jurnal pada 2019 yang diterbitkan dalam Medicinal Plants of South Asia Journal, manfaat daun salam membantu meredakan sakit perut, infeksi saluran pencernaan perut kembung, sembelit, dan diare. 

Baca Juga: 3 Resep Terong Balado Teri yang Beraroma Gurih dan Bergizi Tinggi

2. Dapat melegakan saluran pernafasan

Selanjutnya, manfaat daun salam yakni dapat membantu melegakan saluran pernapasan. Daun salam memiliki sifat antibakteri yang kuat sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin

Ketika minyak atsiri daun salam diekstraksi, dapat digunakan menjadi salep dan dioleskan ke dada untuk membantu meringankan pernapasan.

Menghirup uap ekstraksi daun salam dan minyak atsiri juga memiliki efek yang mirip dengan aromaterapi dan dapat mengendurkan dahak serta menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terperangkap di saluran pernapasan.

Baca Juga: 4 Ramuan Berbahan Alami yang Bikin Asam Urat Tinggi Tumbang

3. Menurunkan kadar asam urat

Kemudian, manfaat daun salam juga bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, daun salam mengandung senyawa aktif kuersetinmiristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat.

Untuk mengatasi asam urat, Anda cukup merebus daun salam dengan 10 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

Baca Juga: Beragam Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

4. Mencegah hipertensi 

Manfaat daun salam lainnya yakni bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan Anda dari hipertensi. Daun salam yang mengandung flavonoid yang cukup tinggi dipercaya  mampu menurunkan tekanan darah.

Khasiat rebusan daun salam juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Khasiat rebusan daun salam juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, air rebusan daun salam juga dipercaya mengandung berbagai vitamin B6, B12, C, dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Adanya vitamin C di dalam air rebusan tersebut ampuh dalam melawan radikal bebas.  Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh pun akan baik dan membuat orang tidak mudah terserang penyakit. 

Untuk mendapatkan khasiat rebusan daun salam, Anda cukup mengambil 10 hingga 15 daun salam yang segar. Setelah itu, rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja dan minum secara teratur.

Baca Juga: Cek 6 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

6. Menurunkan kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun salam telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi reseptor insulin dan mengatur kadar gula darah. 

Untuk pasien yang berisiko terkena diabetes atau tengah menderita diabetes, manfaat daun salam secara teratur dapat secara signifikan menurunkan kadar diabetes.

Baca Juga: Air Rebusan Sereh dan Daun Salam Mampu Melawan Asam Urat Tinggi

7. Anti peradangan

Salah satu manfaat daun salam adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Hal ini dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal penelitian Phytotherapy.

Manfaat daun salam mengandung fitonutrien unik, yang disebut parthenolide, yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi ketika dioleskan ke area yang terkena, seperti sendi yang sakit atau area yang terkena arthritis. 

Baca Juga: Selain Kunyit, Ini Bumbu Masak yang Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun salam juga dapat bekerja sangat baik untuk mengobati ketombe dan mengurangi masalah rambut rontok.

8. Kesehatan jantung

Asam caffeic merupakan senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam. Kedua senyawa itu berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

Asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular. Sehingga, manfaat daun salam juga baik bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: Resep Pindang Merah Sayap Ayam, Menu Nikmat Jelang Puasa Nisfu Syaban

9. Meredakan stres

Manfaat daun salam berikutnya yakni kaya akan linalool. Senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, terutama bila digunakan sebagai aromaterapi. 

Kelebihan hormon stres bisa berbahaya bagi kesehatan jangka panjang, sehingga manfaat daun salam dapat membantu Anda tenang dan tetap rileks bahkan di saat-saat kecemasan sedang melonjak.

Baca Juga: 9 Obat Asam Urat Alami yang Mudah Didapat

10. Khasiat daun salam untuk kesehatan rambut

Manfaat daun salam juga dapat bekerja sangat baik untuk mengobati ketombe dan mengurangi masalah rambut rontok. 

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan rambut dan menghilangkan ketombe, Anda bisa mencoba dengan merendam daun salam dalam air dan kemudian menggosokkannya pada kulit kepala setelah keramas. 

Senyawa dalam manfaat daun salam dapat membantu menghilangkan kulit kering dan ketombe. 

Demikian sejumlah manfaat daun salam dan khasiat rebusan daun salam yang bisa Anda coba di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×