kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kabar Baik Bagi Penderita Darah Tinggi, Ini 11 Obat Herbal untuk Jinakkan Hipertensi


Senin, 29 Mei 2023 / 09:42 WIB
Kabar Baik Bagi Penderita Darah Tinggi, Ini 11 Obat Herbal untuk Jinakkan Hipertensi
ILUSTRASI. Tanaman yang bisa menjadi obat herbal untuk menurunkan darah tinggi antara lain seledri, bawang putih, dll


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penderita penyakit darah tinggi harus rutin minum obat dari dokter setiap hari. Selain obat dari dokter, cara menurunkan darah tinggi juga bisa dilakukan dengan cara alami menggunakan sejumlah tanaman herbal.

Cara menurunkan darah tinggi menggunakan obat herbal ini adalah alternatif untuk mendukung pengobatan medis. Sebelum Anda konsumsi obat herbal dari tanaman untuk menurunkan darah tinggi, sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter.

Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang tak boleh diabaikan. Hal itu dikarenakan, darah tinggi atau hipertensi dapat menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke yang bisa berujung pada kematian.

Kabar buruknya, darah tinggi sering tidak menimbulkan gejala sehingga tidak disadari oleh penderitanya. Ini membuat darah tinggi dikenal sebagai silent killer. Oleh sebab itu, ketika mendapati pembacaan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik di atas 90 mmHg, siapa saja disarankan untuk segera memperbaiki gaya hidup.

Beberapa penderita hipertensi mungkin akan membutuhkan bantuan obat darah tinggi untuk mengatasi hipertensi. Jika berpikir alternatif, sejumlah tanaman herbal sebenarnya tersedia juga untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Namun, penggunaan tanaman-tanaman ini tetap harus dilakukan secara hati-hati atau akan lebih baik jika bicarakan dulu dengan dokter. Berikut ini adalah ragam tanaman herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat dimanfaatkan:

Baca Juga: Sering Terjadi Usai Melahirkan Anak Pertama, Ini Cara Mengatasi Baby Blues

1. Kumis kucing

Tanaman kedua yang bisa menjadi obat herbal untuk menurunkan darah tinggi secara alami adalah kumis kucing. Secara empiris, kumis kucing dapat dimanfaatkan sebagai diuretik dan peluruh batu ginjal.

Tanaman ini memiliki efek sebagai diuretik alami karena mengandung kalium pada bagian daun. Keberadaan inositol serta flavonoid sinensetin juga berkontribusi terhadap efek kumis kucing sebagai diuretik.

Baca Juga: Jus Buah Ini Bisa Rontokkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Tinggi




TERBARU

[X]
×