Jangan lakukan, 6 kebiasaan ini bisa turunkan imun tubuh

Jumat, 24 September 2021 | 09:03 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan lakukan, 6 kebiasaan ini bisa turunkan imun tubuh

ILUSTRASI. Di tengah pandemi virus corona, menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat adalah salah satu hal terpenting. Oleh karenanya, hindari kebiasaan yang bisa turunkan imun tubuh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pandemi virus corona, menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat adalah salah satu hal terpenting. 

Namun, memperkuat kekebalan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa kebiasaan yang dapat melemahkan sistem imun. 

Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, seperti dilansir dari Health.  

1. Terlalu banyak minum alkohol 

Minum minuman beralkohol tertentu, seperti wine, mungkin memang memiliki manfaat bagi tubuh. 

Namun, perlu diingat bahwa wine dapat memberikan manfaat apabila dikonsumsi dalam jumlah moderat. Konsumsi alkohol yang berlebihan, bahkan dalam jangka pendek, dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. 

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol Research, para peneliti mencatat bahwa telah lama diamati hubungan antara asupan alkohol yang berlebihan dan respons kekebalan yang melemah. 

Baca Juga: Efek samping jika terlalu banyak minum vitamin sesuai jenisnya, wajib tahu!

Efeknya mencakup peningkatan kerentanan terhadap pneumonia dan berpotensi mengembangkan sindrom stres pernapasan akut (ARDS). 

Hasil lain yang diamati melibatkan peningkatan risiko sepsis, insiden komplikasi pascaoperasi yang lebih tinggi, penyembuhan luka yang buruk, dan pemulihan infeksi yang lebih lambat dan kurang lengkap. 

2. Mengonsumsi terlalu banyak garam 

Anda mungkin mengasosiasikan kelebihan natrium dengan masalah seperti retensi cairan dan tekanan darah tinggi. Namun sebuah studi baru dari University Hospital of Bonn yang dilakukan pada manusia dan tikus menyimpulkan bahwa terlalu banyak garam dapat menyebabkan defisiensi imun. 

Peneliti menemukan bahwa ketika ginjal mengeluarkan kelebihan natrium, terjadi efek domino yang mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri. 

Baca Juga: 5 Pola makan yang bisa membuat tubuh sehat dan panjang umur

Sementara Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan infeksi bakteri sekunder. Penelitian ini pun dapat menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara kelebihan natrium dan fungsi kekebalan secara keseluruhan. 

Menurut Pedoman Diet untuk Orang Amerika, batas harian yang disarankan untuk natrium adalah di bawah 2.300 mg per hari untuk orang dewasa yang sehat, kurang dari asupan rata-rata aktual 3.440 mg per hari. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru