kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Jangan Disepelekan, Ini 6 Makanan untuk Kesehatan Pendengaran dan Organ Telinga


Kamis, 02 November 2023 / 15:24 WIB
Jangan Disepelekan, Ini 6 Makanan untuk Kesehatan Pendengaran dan Organ Telinga
ILUSTRASI. Jangan Disepelekan, Ini 6 Makanan untuk Kesehatan Pendengaran dan Organ Telinga


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan untuk Kesehatan Pendengaran - JAKARTA. Simak daftar makanan untuk kesehatan pendengaran termasuk organ telinga. Kondisi sistem pendengaran yang baik tentu memudahkan dalam aktivitas sehari-hari.

Kesehatan pendengaran mengacu pada kondisi fisik dan fungsional dari sistem pendengaran seseorang. Ini mencakup kemampuan pendengaran seseorang untuk mendengar, memproses, dan memahami suara dari lingkungan sekitar.

Kesehatan pendengaran sangat penting untuk berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk komunikasi, interaksi sosial, keselamatan, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Selain itu, ini merujuk pada sejauh mana seseorang dapat mendengar suara dalam berbagai frekuensi dan tingkat volume.

Gangguan pada kemampuan pendengaran bisa bersifat sementara atau permanen dan dapat melibatkan berbagai tingkat kehilangan pendengaran, mulai dari gangguan pendengaran ringan hingga gangguan pendengaran berat.

Baca Juga: Ini 9 Makanan untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus selama Beraktivitas

Makanan untuk kesehatan pendengaran

Headset

Nah, kesehatan pendengaran juga mencakup organ penting dalam sistem pendengaran. Hal ini melibatkan kondisi fisik telinga, termasuk saluran telinga, gendang telinga, dan tulang-tulang pendengaran di dalam telinga.

Tentu hal ini tidak boleh disepelekan karena memiliki fungsi penting dalam menerima informasi. Kesehatan pendengaran tentu melibatkan kemampuan otak untuk memproses suara yang diterima oleh telinga dan menerjemahkannya menjadi informasi yang berguna.

Salah satu pemicu penyakit vertigo adalah gangguan pendengaran yang tentu perlu Anda waspadai jika memilikinya. Seseorang yang memiliki kualitas pendengaran yang baik dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan mengikuti percakapan dengan baik.

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa makanan untuk kesehatan pendengaran termasuk organ telinga dilansir dari laman Boots Hearing Care.

Baca Juga: Mencegah Batu Ginjal, 10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

1. Kacang-kacangan

Konsumsi zat seperti Zinc merupakan mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, namun juga tampaknya meningkatkan kesehatan pendengaran. Ini karena zinc mendukung sistem kekebalan tubuh dan bahkan dapat membantu melawan tinnitus atau telinga berdenging.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk setidaknya memulai dengan meningkatkan asupan zinc harian, sehingga telinga dapat memperoleh manfaatnya dalam jangka panjang.

Lentil, kacang polong, dan kacang kering adalah cara terbaik untuk mendapatkan zinc yang dibutuhkan agar telinga dan pendengaran tetap dalam kondisi prima.

2. Pisang dan makanan tinggi kalium

Pada bagian telinga bagian dalam, potasium membantu mengubah suara menjadi impuls saraf yang dikirim langsung ke otak. Namun, karena kadar potasium menurun seiring bertambahnya usia, menjaga kadar mineral penting ini tetap sehat adalah kunci untuk memerangi gangguan pendengaran terkait usia.

Pisang adalah makanan pokok umum yang meningkatkan penyerapan kalium yang sehat. Anda bisa memakan pisang utuh atau mencampurkannya menjadi smoothie; mengiris beberapa untuk dimakan dengan sereal pagi juga berhasil.

Pastikan untuk menghindari masalah kesehatan terkait potasium dengan mengonsumsi tidak lebih dari jumlah harian yang disarankan yaitu 3.500mg, yang seharusnya berasal secara alami dari asupan kalori rutin.

3. Ikan laut

Ikan adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan tubuh, kaya akan omega 3 dan vitamin D yang menyehatkan jantung. Vitamin D sebenarnya memperkuat tulang tengah telinga, membantu mencegah osteopenia dan otosklerosis, keduanya merupakan masalah telinga serius yang menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Disarankan agar konsumsi dua porsi ikan segar yang belum diolah setiap minggu untuk menjaga kadar omega 3 dan vitamin D tetap tinggi, serta mengurangi kemungkinan menderita kerusakan pendengaran permanen.

4. Brokoli

Brokoli membantu menghentikan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit dan mempercepat penuaan agar tidak merusak jaringan halus dan sensitif di telinga. Tentu, ini menjadi terkait dengan nutrisi luar biasa seperti vitamin K, vitamin C, dan serat dari sayuran ini.

Bagian terbaiknya adalah tidak peduli apakah lebih suka mentah, dikukus atau dipanggang, semua manfaat kesehatan dari brokoli dapat nikmati, termasuk peningkatan pendengaran.

5. Cokelat hitam

Kandungan magnesium dari cokelat bisae meningkatkan kesehatan pendengaran. Magnesium membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi di telinga, dan bahkan memberikan efek perlindungan terhadap gangguan pendengaran akibat kebisingan.

Tentu saja, ini tidak berarti Anda harus mengonsumsi makanan manisan secara berlebihan. Pertahankan asupan cokelat hitam sekitar satu ons sehari dan akan menikmati efeknya tanpa berlebihan.

6. Bawang putih

Konsumsi bawang putih tentu sangat berhubungan dengan sistem pendengaran telinga yang sehat. Kehadirannya dalam menu makanan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi peradangan pada tubuh, terutama di sekitar organ pendengaran.

Hal ini memungkinkan suplai darah sampai ke mana pun dibutuhkan tanpa ancaman tekanan darah tinggi sebagai penyebab utama masalah kesehatan jangka panjang.

Untuk hasil serupa, Anda bisa menggunakan suplemen bawang putih tanpa pewangi atau menambahkan beberapa siung ke dalam masakan. Jadikan bawang putih sebagai bagian dari rencana makan sehat dan mungkin bahkan bisa meredakan gejala penyakit telinga yang umum, seperti tinnitus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×