Tips Sehat

Jadi gejala penyakit corona, ini cara mengobati sakit tenggorokan

Minggu, 19 Juli 2020 | 10:26 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Jadi gejala penyakit corona, ini cara mengobati sakit tenggorokan

ILUSTRASI. Cara mengobati sakit tenggorokan bisa dilakukan dengan beberapa cara agar gejala penyakit corona tak menjadi parah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi corona masih belum berakhir. Transmisi virus corona harus segera dihentikan. Tak hanya menerapkan protokol kesehatan, mengetahui gejala penyakit corona juga penting agar proses penanganan bisa lebih cepat untuk dilakukan. Salah satu gejala penyakit corona adalah batuk atau sakit tenggorokan. Untuk mengatasinya, cara mengobati sakit tenggorokan di artikel ini perlu Anda coba.

Tidak semua sakit tenggorokan adalah gejala penyakit corona. Sakit tenggorokan Anda adalah tanda bahwa tubuh terserang virus. Jadi, Anda tidak perlu panik saat mengalami sakit tenggorokan di tengah pandemi corona. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengobatinya dan disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak ada transmisi virus corona antara Anda dan orang lain.

Baca Juga: Ini gejala penyakit tifus yang harus Anda ketahui

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara mengobati sakit tenggorokan tidak bisa menggunakan antibiotik. Dilansir dari rush.edu, hal itu justru akan menimbulkan efek samping berupa tubuh yang resisten terhadap antibiotik. Bukan virus yang bisa diobati oleh antibiotik, tapi bakteri. Alih-alih menggunakan antibiotik, Anda bisa melakukan tips ini sebagai cara mengobati sakit tenggorokan.

1. Redakan Sakit Tenggorokan

Cara mengobati sakit tenggorokan yang pertama adalah dengan meredakan sakit yang Anda rasa. Anda bisa berkumur menggunakan air garam. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi obat batuk. Namun, rush.edu menyarankan agar Anda memilih obat batuk yang bebas gula agar jumlah kalori yang masuk dalam tubuh tidak banyak.

Tak hanya obat batuk, Anda juga bisa menggunakan throat spray sebagai cara mengobati sakit tenggorokan. Pastikan Anda memakai obat-obat tersebut sesuai dengan aturan pakai, ya.

Baca Juga: 4 langkah mudah membantu lansia terhindar dari virus corona

2. Minuman Hangat

Minuman hangat bisa dipakai sebagai cara mengobati sakit tenggorokan. Hal itu dikarenakan rasa hangat dari minuman bisa memberikan efek melegakan. Rush.edu menyebutkan, Anda bisa mengonsumsi teh herbal hangat atau kuah sup.

Dilansir dari rush.edu, cara mengobati sakit tenggorokan tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi minuman hangat. Makanan dingin juga bisa menyembuhkan sakit tenggorokan.

Anda bisa mengonsumsi es krim, gelato, atau puding. Jika sakit tenggorokan yang Anda rasakan tidak berkurang selama seminggu, segera konsultasikan kondisi Anda kepada dokter.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru