Tips Sehat

4 langkah mudah membantu lansia terhindar dari virus corona

Kamis, 16 Juli 2020 | 10:25 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 langkah mudah membantu lansia terhindar dari virus corona

ILUSTRASI. Lansia perlu didampingi agar bisa tetap sehat di tengah pandemi virus corona. ANTARA FOTO/Gusti Tanati/wsj.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus corona bisa menyerang siapa saja. Maka dari itu, penting untuk menerapkan protokol kesehatan selama pandemi covid. Namun, bagi Anda yang hidup berdampingan dengan orang lanjut usia atau lansia, menerapkan protokol kesehatan saja tidak cukup.

Ada hal lain yang perlu dilakukan agar para lansia tetap bisa terhindar dari serangan virus corona. Dilansir dari akun Twitter resmi milik WHO Indonesia (@WHOIndonesia), ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan untuk membantu lansia menghadang serangan virus corona.

Gejala Covid

Daya tahan tubuh para lansia sudah mulai menurun. Hal itu menyebabkan virus corona semakin mudah menyerang. Anda harus waspada bila lansia menunjukkan gejala penyakit corona, seperti demam, tenggorokan terasa sakit, batuk, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Airborne corona: 5 cara kurangi sebaran virus ala dokter Reisa

WHO Indonesia mengimbau agar Anda segera menghubungi fasilitas kesehatan. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mencegah corona menjadi lebih parah.

Gaya Hidup Sehat

WHO Indonesia juga merekomendasikan kepada Anda untuk mengajak lansia melakukan gaya hidup sehat. Contoh gaya hidup sehat yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya gizi, memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, menghindari rokok dan alkohol, serta rajin melakukan aktivitas fisik. Gaya hidup sehat seperti itu akan menjaga kesehatan tubuh lansia dari corona.

Baca Juga: Ingat, stamina harus benar-benar terjaga di tengah pandemi virus corona

Pakai Disinfektan

Mendampingi lansia di tengah pandemi covid juga dapat Anda lakukan dengan menjaga kebersihan permukaan-permukaan dalam rumah yang sering disentuh. Gunakan disinfektan untuk membasmi virus corona dan jenis kuman lainnya. Tak hanya itu, usahakan ventilasi dalam rumah tetap terjaga untuk mencukupi perputaran udara.

Pisahkan Barang Pribadi

Menggunakan barang-barang yang dipakai sehari-hari, seperti alat makan dan handuk, secara terpisah juga sebaiknya dilakukan. WHO Indonesia memberikan rekomendasi ini agar penyebaran virus corona tidak parah.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru