kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip 7 Cara Mengatasi Lapar Terus Setelah Makan, Awas Tanda Diabetes


Minggu, 27 Agustus 2023 / 13:15 WIB
Intip 7 Cara Mengatasi Lapar Terus Setelah Makan, Awas Tanda Diabetes


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip sederet cara mengatasi lapar terus setelah makan pada orang dewasa. Gangguan tubuh yang mudah lapar setelah makan bisa menganggu masalah kesehatan di kemudian hari.

Rasa ini dikenal di mana seseorang mengalami keinginan atau rasa lapar yang berlebihan meskipun sudah mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup.

Sehingga, istilah ini merujuk pada seseorang dapat merasa lapar secara terus-menerus atau dalam interval waktu yang lebih pendek setelah makan.

Sensasi lapar yang tidak terpuaskan ini dapat menyebabkan konsumsi makanan yang berlebihan atau seringnya ngemil.

Yang pada gilirannya, bisa memengaruhi keseimbangan energi dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan seperti peningkatan berat badan atau obesitas.

Baca Juga: Tak Perlu Minum Suplemen, 5 Cara Ini Bisa Bikin Paru-Paru Sehat dan Kuat

Mengatasi masalah mudah lapar

Rasa mudah lapar meski sudah makan bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk gangguan hormon, ketidakseimbangan gula darah, pola makan yang tidak seimbang, atau kondisi medis tertentu.

Kebutuhan kalori yang tidak terpenuhi atau kekurangan nutrisi juga dapat memicu rasa lapar yang berlebihan.

Selain itu, faktor psikologis seperti stres, kecemasan, atau kebiasaan emosional juga dapat memengaruhi rasa lapar seseorang.

Ada beberapa penyebab umum mengapa seseorang bisa merasa mudah lapar.

Baca Juga: 6 Efek Samping Ketumbar Jika Dikonsumsi Berlebihan dan Terus-Menerus, Bikin Diare

Penyebab masalah mudah lapar pada orang dewasa

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi rasa lapar seseorang:

  • Kebutuhan Kalori: Jika seseorang tidak mendapatkan jumlah kalori yang cukup dari makanan, tubuh akan memberi sinyal lapar sebagai upaya untuk memperoleh energi yang diperlukan. Pola makan yang tidak seimbang atau diet yang sangat rendah kalori dapat menyebabkan rasa lapar yang sering.
  • Kurangnya Nutrisi: Kekurangan nutrisi tertentu, seperti protein, serat, atau lemak sehat, dapat mempengaruhi rasa kenyang dan membuat Anda merasa cepat lapar. Nutrisi yang cukup penting untuk menjaga keseimbangan hormon dan memenuhi kebutuhan tubuh.
  • Kebiasaan Emosional atau Psikologis: Stres, kebosanan, atau gangguan emosional tertentu dapat menyebabkan keinginan untuk makan lebih banyak, meskipun tubuh sebenarnya tidak membutuhkannya.
  • Ketidakseimbangan Hormon: Hormon seperti leptin dan ghrelin berperan dalam mengatur nafsu makan dan rasa lapar. Ketidakseimbangan hormon ini, misalnya akibat kurang tidur, stres, atau masalah kesehatan tertentu, dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat seseorang lebih mudah merasa lapar.
  • Pola Makan Tidak Teratur: Melewatkan waktu makan, sering ngemil, atau tidak menjaga jadwal makan yang konsisten dapat mempengaruhi metabolisme dan memicu rasa lapar yang tidak terkendali.
  • Kurangnya Tidur: Kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon dan meningkatkan nafsu makan, terutama untuk makanan yang tinggi kalori dan karbohidrat.

Untuk itu, beberapa cara mengatasi masalah ini bisa diikuti dengan mudah secara perlahan.

Simak cara mengatasi lapar terus setelah makan yang mudah diterapkan dilansir dari Healthline.

Baca Juga: 9 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Anemia

Cara mengatasi lapar terus pada orang dewasa

Intip tahapan dan solusi umum yang dapat membantu mengatasi lapar yang berlebihan pada orang dewasa:

1. Makan makanan bernutrisi

Masalah mudah lapar bisa saja karena tubuh kurang bernutrisi. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, termasuk protein, serat, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks.

Nah, makanan yang mengandung serat tinggi dan protein dapat membantu menjaga kenyang lebih lama.

2. Pola makan teratur

Selain itu, masalah mudah lapar dapat ditekan dengan memenuhi kebutuhan makanan sesuai jam makan.

Sehingga, perlu menjaga jadwal makan yang teratur dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang cukup dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Hal ini bisa menjadi upaya untuk mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

3. Tingkatkan asupan air

Masalah mudah lapar bisa disebabkan karena kurangnya kadar air dalam tubuh. Sehingga, terkadang rasa lapar dapat disalahartikan sebagai rasa haus.

Tentu, minum air hingga 8 gelas per hari cukup dapat membantu mengatasi rasa lapar yang tidak perlu.

4. Hindari makanan tinggi gula

Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan cenderung memicu peningkatan gula darah yang cepat, diikuti oleh penurunan tajam yang dapat menyebabkan rasa lapar yang berlebihan.

Cobalah untuk menggantinya dengan pilihan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

5. Kelola stres

Stres dapat mempengaruhi kebiasaan makan dan menyebabkan makan berlebihan. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti melalui olahraga, meditasi, atau aktivitas yang menenangkan lainnya.

6. Tidur yang cukup

Pastikan mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam. Kurang tidur dapat mempengaruhi keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan dan menyebabkan peningkatan rasa lapar.

Nah, setiap orang dewasa bisa memenuhi tidur cukup dengan rentang 6-8 jam per hari dan wajib mengurangi aktivitas larut malam atau begadang.

7. Cek kesehatan mental

Beberapa kondisi kesehatan mental, seperti depresi atau kecemasan, dapat mempengaruhi pola makan dan nafsu makan. Saat mengalami gejala-gejala ini, penting untuk mencari dukungan dan perawatan yang sesuai.

Indikasi penyakit yang mungkin terkait dengan lapar terus-menerus dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor lain yang mungkin ada.

Beberapa kondisi yang mungkin terkait termasuk gangguan tiroid, diabetes, sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan hormonal, atau masalah pencernaan seperti penyakit celiac atau intoleransi makanan tertentu.

Apabila Anda mengalami lapar terus-menerus dan khawatir dengan pola makan atau ada indikasi adanya masalah kesehatan yang mendasarinya, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk evaluasi yang lebih mendalam.

Hanya dokter yang dapat memberikan diagnosis yang akurat berdasarkan gejala dan pemeriksaan medis.

Itulah tips dari cara mengatasi masalah rasa lapar terus meski sudah makan pada orang dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×