Tips Sehat

Inilah vitamin terbaik untuk imun tubuh

Kamis, 16 Juli 2020 | 11:30 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Inilah vitamin terbaik untuk imun tubuh

ILUSTRASI. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang banyak sehingga cocok dipakai sebagai sumber vitamin untuk imun tubuh. Foto Dok Wikipedia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi corona menuntut banyak orang untuk lebih ekstra memperhatikan kesehatan tubuhnya. Mengutip dari health.clevelandclinic.org, ada beberapa vitamin untuk imun tubuh yang harus Anda perhatikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Vitamin-vitamin itu meliputi vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

  • Vitamin C

Vitamin untuk imun tubuh pertama yang harus Anda penuhi adalah vitamin C. Jenis vitamin ini adalah pendorong sistem imun terbesar jika dibandingkan dengan vitamin atau nutrisi yang lain.

Baca Juga: 7 manfaat memeluk anak, salah satunya meningkatkan sistem imun tubuh

Health.cleveland.org mengatakan bahwa orang yang kekurangan vitamin C akan lebih mudah sakit. Mengonsumsi vitamin C setiap hari perlu Anda lakukan. Hal itu dikarenakan tubuh tidak menghasilkan dan menyimpan vitamin C.

Ada banyak makanan yang mengandung vitamin C. Misalnya, jeruk, anggur, bayam, brokoli, dan lain sebagainya. Karena banyak ditemukan, Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C, kecuali jika hal itu diasarankan oleh dokter.

  • Vitamin B6

Selain viatmin C, vitamin B6 adalah vitamin untuk imun tubuh yang juga wajib Anda penuhi kebutuhannya dalam tubuh. Vitamin B6 memegang peranan penting dalam reaksi kimia dalam sistem imun tubuh. Vitamin B6 sangat mudah untuk ditemukan dalam ayam, salmon, tuna. Selain itu, vitamin B6 juga bisa Anda temukan dalam sayuran hijau.

Baca Juga: 4 obat herbal turun panas anak yang ampuh khasiatnya

  • Vitamin E

Health.cleveland.org juga menyebutkan vitamin E sebagai vitamin untuk imun tubuh. Vitamin E terbukti ampuh untuk melawan infeksi dalam tubuh. Hal itu disebabkan oleh sifat antioksidan yang dimiliki vitamin E. Anda bisa menemukan makanan dengan vitamin E di bayam, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

Itulah beberapa vitamin yang wajib Anda penuhi untuk menjaga kesehatan, apalagi saat pandemi corona seperti sekarang. Selain memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, disiplin menerapkan protokol kesehatan juga harus Anda lakukan.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru