Inilah gejala penyakit jantung yang wajib Anda waspadai

Rabu, 12 Agustus 2020 | 12:14 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Inilah gejala penyakit jantung yang wajib Anda waspadai

ILUSTRASI. Segera konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami beberapa gejala penyakit jantung. Tribunnews/Jeprima

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak gejala penyakit jantung yang bisa dialami oleh seseorang. Saking banyaknya, beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit jantung. Faktor resiko lainnya, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi, bisa memperparah gejala yang muncul.

Untuk memastikan apakah Anda memiliki penyakit jantung atau tidak, Web MD (webmd.com) merekomendasikan agar Anda berkonsultasi pada dokter. Selain mengetahui faktor resiko, gejala penyakit jantung di bawah ini perlu Anda waspadai.

Baca Juga: Jangan sampai sakit! Ini cara meningkatkan imunitas tubuh

Rasa Tidak Nyaman di Bagian Dada

Web MD menyebutkan bahwa rasa tidak nyaman di bagian dada adalah gejala penyakit jantung yang umum terjadi. Dada Anda akan terasa seperti tertekan, sakit, dan nyeri. Hal itu berlangsung selama beberapa menit.

Gejala penyakit jantung itu bisa Anda rasakan saat Anda sedang melakukan aktivitas atau beristirahat. Namun, Web MD mengingatkan jika sakit yang Anda rasakan tidak terlalu parah dan hanya terjadi di satu titik saat Anda menekan dada, bisa saja itu bukan gejala penyakit jantung. Anda bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Sakit Perut

Masalah pada perut menjadi gejala penyakit jantung lainnya yang disebutkan Web MD. Anda bisa merasa mual, heartburn, atau kesulitan mencerna makanan. Biasanya, wanita lebih sering mengalami gejala penyakit jantung ini daripada laki-laki.

Tentu saja ada banyak hal lain yang menyebabkan sakit perut. Namun, jika Anda merasa sakit perut dengan faktor resiko penyakit jantung, lebih baik Anda waspada dan segera berkonsultasi pada dokter.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan alami yang aman dilakukan

Pusing

Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah Anda merasa pusing secara tiba-tiba. Gejala ini semakin diperparah jika dada Anda merasa tidak nyaman dan Anda sulit bernapas. Web MD menyebutkan hal itu menjadi tanda bahwa tekanan darah menurun karena jantung tidak bisa berfungsi dengan baik.

Mudah Lelah

Gejala penyakit jantung lainnya yang perlu diperhatikan adalah saat Anda merasa mudah lelah. Anda perlu semakin waspada saat Anda merasa lelah melakukan kegiatan biasa, seperti naik tangga atau membawa barang belanjaan ke mobil.

Anda perlu segera konsultasi dengan dokter agar kondisinya tidak lebih parah. Selain itu, waspada pula dengan rasa lelah dan lemah yang biasanya terjadi berhari-hari karena itu bisa jadi gejala penyakit jantung.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru