Catat! Inilah 5 makanan penurun kolesterol

Senin, 10 Agustus 2020 | 13:01 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Catat! Inilah 5 makanan penurun kolesterol

ILUSTRASI. Alpukat jadi salah satu makanan penurun kolesterol yang bisa Anda coba.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah kolesterol berkaitan dengan resiko penyakit jantung. Penyakit itu semakin beresiko jika Anda memiliki jumlah HDL rendah, tapi jumlah LDL dan triglycerides tinggi. Makanan penurun kolesterol Anda butuhkan agar kondisi tersebut tidak memburuk.

Alpukat

Makanan penurun kolesterol pertama yang disebutkan Healthline (healthline.com) adalah alpukat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang menderita obesitas memiliki jumlah kolesterol LDL lebih rendah setelah rutin mengonsumsi alpukat.

Baca Juga: Resep infused water untuk mengecilkan perut yang wajib Anda coba

Almon

Makanan penurun kolesterol lainnya adalah kacang almon. Sama seperti alpukat, kacang almon juga memiliki kandungan lemak tak jenuh dan serat.
Tak hanya itu, almon juga memiliki kandungan asam amino dan L-arginine yang bisa dipakai untuk membuat nitric oxide. Nitric oxide berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Phytosterols juga bisa Anda temukan dalam kacang almon dan jenis kacang yang lain. Kandungan tersebut memiliki struktur yang mirip dengan kolesterol sehingga bisa menurunkan jumlah kolesterol dengan menghambat penyerapannya dalam usus.

Ikan

Ikan menjadi makanan penurun kolesterol selanjutnya yang disebutkan oleh Healthline. Asam lemak omega-3 berfungsi untuk meningkatkan jumlah HDL dan menurunkan resiko terkena strok dan inflamasi.

Dalam penelitian yang dilakukan pada orang dewasa selama 25 tahun, mereka yang mengonsumsi ikan tidak digoreng cenderung tidak memiliki sindrom metabolis. Tekanan darah tinggi dan jumlah kolesterol HDL rendah termasuk dalam gejala di dalamnya.

Baca Juga: Anti gagal, inilah 5 cara menurunkan berat badan alami

Jangan lupa untuk mengolah ikan dengan cara direbus atau dikukus, ya. Ikan yang digoreng justru dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan strok.

Bawang Putih

Makanan penurun kolesterol lainnya adalah bawang putih. Mengutip dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih bisa menurunkan tekanan darah dan jumlah LDL seseorang.

Teh

Ada 2 kandungan dalam teh yang membuatnya menjadi makanan penurun kolesterol yang tepat untuk digunakan. Pertama adalah catechins dan kedua adalah quercetin. Quercetin bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan inflamasi.

Catechins bisa mengaktifkan nitric oxide yang sangat penting untuk kesehatan tekanan darah. Catechins juga bisa menghalangi sintesis kolesterol dan penyerapannya serta mencegah penggumpalan darah.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru