Tips Sehat

Jangan sampai sakit! Ini cara meningkatkan imunitas tubuh

Rabu, 12 Agustus 2020 | 09:49 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Jangan sampai sakit! Ini cara meningkatkan imunitas tubuh

ILUSTRASI. Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan makan sayur. Kontan/Alri kemas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain disiplin menerapkan protokol kesehatan, cara meningkatkan imunitas tubuh juga perlu Anda lakukan untuk mencegah penularah Virus Covid-19. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar sistem imun semakin kuat.

Mengonsumsi makanan bergizi, mengurangi stres, hingga menerapkan pola hidup sehat adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Cara meningkatkan imunitas tubuh bisa membuat Anda menjadi lebih siap melawan patogen berbahaya atau penyebab penyakit lainnya.

Baca Juga: 2 kontroversi virus corona yang perlu Anda tahu

Cukup Tidur

Cara meningkatkan imunitas tubuh bisa Anda lakukan dengan memiliki waktu tidur berkualitas. Mengutip dari Healthline (healthline.com), waktu tidur yang tidak cukup berhubungan dengan kerentanan terkena penyakit.

Sebuah penelitian yang melibatkan 164 orang dewasa menunjukkan bahwa orang yang tidur di bawah 6 jam lebih rentan terkena flu daripada orang yang tidur lebih dari 6 jam tiap malam. Memiliki waktu tidur cukup bisa membuat sistem imun tetap terjaga.

Banyak Konsumsi Sayur

Cara meningkatkan imunitas tubuh selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sayur, buah, biji, dan kacang. Bahan makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi tinggi sehingga bisa membuat tubuh jadi lebih kuat.

Antioksidan dalam sayur dan makanan lain mampu melawan radikal bebas dan mengurangi inflamasi. Tak hanya itu, sayur dan buah juga kaya akan vitamin C yang bisa membantu redakan demam dalam waktu singkat.

Makan Lemak Sehat

Healthline juga menyebutkan bahwa mengonsumsi lemak sehat bisa Anda pakai sebagai cara meningkatkan imunitas tubuh. Lemak sehat bisa Anda temukan di olive oil atau salmon. Dua jenis makanan itu memiliki kandungan antiinflamasi yang banyak.

Baca Juga: Manfaat vitamin E dan resikonya yang perlu Anda hindari

Meski inflamasi ringan adalah hal yang wajar, tapi jika tidak ditangani dengan tepat akan membahayakan imunitas tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi lemak sehat adalah upaya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem imun tubuh.

Jangan Terlalu Stres

Cara meningkatkan imunitas lainnya adalah dengan mengatur stres yang sedang Anda alami. Healthline mengatakan bahwa stres yang terlalu lama juga bisa menyebabkan inflamasi sehingga mengganggu sel imun.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tingkat stres. Anda bisa melakukan meditasi, yoga, dan mengerjakan hobi. Jika memang diperlukan, Anda bisa berkonsultasi dengan konselor.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru