Tips Sehat

Cara menaikkan imun tubuh yang harus Anda lakukan

Rabu, 05 Agustus 2020 | 10:23 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara menaikkan imun tubuh yang harus Anda lakukan

ILUSTRASI. Buah dan sayur bisa dipakai sebagai cara menaikkan imun tubuh. KONTAN/Baihaki/13/6/2020

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Imun tubuh berperan penting untuk menjaga kesehatan Anda dari penyakit yang disebabkan mikroorganisme. Namun, ada saat di mana imun tubuh gagal melakukan fungsinya. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu mengetahui cara menaikkan imun tubuh.

Cara menaikkan imun tubuh memang terdengar menarik, tapi cukup sulit untuk dilakukan. Mengutip dari Harvard Health Publishing (health.harvard.edu), belum ada bukti ilmiah mengenai hubungan gaya hidup dan sistem imun tubuh.

Baca Juga: Virus Corona bisa sebabkan kerusakan otak? Ini laporannya

Peneliti masih mengidentifikasi efek diet, olahraga, usia, stres, dan faktor lain yang mempengaruhi sistem imun tubuh. Cara menaikkan imun tubuh terbaik adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Mengikuti panduan gaya hidup sehat adalah cara menaikkan imun tubuh pertama yang bisa Anda coba. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, Harvard Health Publishing mengatakan bahwa cara itu juga bisa membuat bagian tubuh menjadi lebih sehat dan berfungsi lebih baik.

Harvard Health Publishing menyebutkan beberapa cara menaikkan imun tubuh yang bisa Anda coba. Mulai dari tidak merokok, banyak mengonsumsi buah dan sayur, rutin olahraga, dapatkan tidur berualitas, dan kurangi stres. Jika Anda minum alkohol, minumlah secukupnya.

Seiring bertambahnya usia, sistem imun tubuh Anda juga ikut menurun. Orang tua memiliki kemungkinan lebih besar terinfeksi virus dan bisa meninggal karena penyakit tersebut. Harvard Health Publishing menyebutkan, infeksi pernapasan karena flu, Covid-19, dan penumonia menjadi penyebab utama orang tua meninggal di seluruh dunia.

Baca Juga: Manfaat antibiotik di bidang kesehatan, jangan digunakan secara berlebihan

Cara menaikkan imun tubuh juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi vitamin dan mineral penting. Hal itu dilakukan agar Anda terhindar dari micronutrient malnutrition. Micronutrient malnutrition adalah kondisi di mana seseorang kekurangan mineral dan vitamin penting dari makanan yang dikonsumsi.

Harvard Health Publishing menyebutkan, Anda harus lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari sebagai cara menaikkan imun tubuh. Jika Anda tidak suka sayur, Anda bisa menggantinya dengan multivitamin atau suplemen lainnya yang bisa menjaga kesehatan Anda.

Namun, jangan sampai Anda mengonsumsi multivitamin secara berlebihan. Pastikan dosis yang Anda konsumsi sesuai. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar cara menaikkan imun tubuh Anda tidak salah.

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru