Inilah cara mencegah demam berdarah, gejala, dan penyebabnya

Kamis, 18 November 2021 | 11:28 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Inilah cara mencegah demam berdarah, gejala, dan penyebabnya

ILUSTRASI. Petugas Fogging Kecamatan Palmerah melakukan pengasapan di SDN Kota Bambu 07 Pagi, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (25/1/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

KONTAN.CO.ID - Di musim hujan, masyarakat perlu mengetahui cara mencegah demam berdarah. Kementerian Kesehatan pun telah memberikan panduan cara mencegah demam berdarah melalui 3M Plus.

Selain cara mencegah, juga perlu diketahui penyebab demam berdarah dan gejalanya. Sebab, saat ini angka infeksi demam berdarah di beberapa daerah di Indonesia mulai naik saat memasuki musim hujan.

Hal ini disebabkan oleh semakin bertambahnya tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk karena meningkatnya curah hujan.

Dikutip dari Kompas.com (11/11/2021) sebanyak 424 warga di Jakarta Selatan dengan usia balita hingga dewasa terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Baca Juga: Tersedia di pasar sampai swalayan, ini 6 bahan alami yang efektif meredakan demam

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat juga meminta warga waspada terhadap potensi peningkatan kasus demam berdarah akibat perubahan cuaca.

Di Kota Mataram, tercatat 295 kasus DBD sejak Januari hingga Oktober 2021. Gejala demam berdarah antara lain, sakit kepala, nyeri otot, tulang atau sendi, mual, muntah, sakit di belakang mata, dan ruam di badan.

Kebanyakan orang pulih dalam waktu seminggu atau lebih. Dalam beberapa kasus, gejala memburuk dan dapat mengancam jiwa. Ini disebut demam berdarah parah, demam berdarah dengue atau sindrom syok dengue.

Lantas, bagaimana cara mencegah demam berdarah?

Baca Juga: Kenali Berbagai Jenis Penyakit Kista yang Terjadi pada Laki-Laki

Penyebab demam berdarah

Penyebab demam berdarah adalah gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk Aedes aegypti membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Ketika nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue menggigit seseorang maka virus tersebut memasuki aliran darah orang itu dan menyebabkan infeksi. Itulah yang menjadi penyebab penyakit demam berdarah.

Baca Juga: Hati-hati dengan 5 Penyebab Nyeri Perut Kanan Bawah

Cara mencegah demam berdarah

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut adalah cara mencegah demam berdarah:

1. Gunakan kelambu nyamuk dan kasa

Pertama, cara mencegah demam berdarah adalah dengan menggunakan kelambu di tempat tidur cukup efektif untuk menahan nyamuk menggigit Anda saat tidur.

Selain itu, menyemprotkan insektisida di kelambu juga membuatnya semakin efektif mencegah nyamuk masuk dan menggigit Anda. Selain itu, tutup lubang angin di kamar menggunakan kasa juga bisa mencegah nyamuk masuk ke ruangan.

2. Mengenakan pakaian tertutup

Kedua, cara mencegah demam berdarah adalah dengan mengenakan pakaian tertutup seperti celana panjang, baju berlengan panjang, kaus kaki, dan penutup kepala juga cukup efektif mencegah gigitan nyamuk.

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Tempat Ini Bisa Jadi Sarang Nyamuk di Rumah

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru