Hati-hati dengan 5 Penyebab Nyeri Perut Kanan Bawah

Rabu, 17 November 2021 | 08:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati dengan 5 Penyebab Nyeri Perut Kanan Bawah

ILUSTRASI. Radang usus buntu atau faktor lain bisa jadi penyebab nyeri perut kanan bawah. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang bisa mengalami nyeri perut kanan bawah. Supaya Anda bisa menemukan bentuk perawatan yang sesuai, penyebabnya perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Anda bisa langsung mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter.

Apalagi jika nyeri perut terus Anda alami dalam jangka waktu lama dan dibarengi dengan gejala-gejala lain yang mengkhawatirkan. Mulai dari demam, diare, sembelit, buang air besar berdarah, muntah, penyakit kuning, dan lain sebagainya.

Sebaiknya, ceritakan semua keluhan Anda ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa memberikan diagnosa yang tepat dengan mengombinasikan laporan Anda dan hasil pemeriksaan kesehatan. Umumnya, perawatan akan diberikan ke Anda sesuai dengan beberapa penyebab berikut ini.

Penyakit Ginjal

Health Grades (healthgrades.com) mengtakan bahwa sakit perut dapat terjadi karena adanya penyakit ginjal. Rasa sakit akan menjalar ke bagian tubuh lain, misalnya selangkangan. Tak hanya itu, penyakit ginjal juga membuat Anda kencing berdarah, muncul rasa sakit saat buang air kecil, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini 6 gejala usus buntu yang tidak boleh Anda abaikan

Penyakit Liver

Nyeri perut kanan bawah dapat terjadi karena penyakit liver.

Penyakit liver adalah faktor selanjutnya yang menyebabkan nyeri perut kanan bawah. Warna kulit yang menguning dan air kencing yang berwarna gelap adalah salah satu tanda bahwa penyakit liver yang Anda alami cukup parah. Penyakit tersebut juga menurunkan berat badan dan membuat kaki bengkak.

Radang Usus Buntu

Bukan lagi jadi rahasia bila radang usus buntu mengakibatkan sakit perut. Melansir Health Grades, rasa sakit karena radang usus buntu biasanya bermula di bagian tengah perut kemudian berpindah ke bagian kanan. Selain itu, radang usus buntu mengakibatkan Anda mual, muntah, demam, hingga sembelit atau diare.

Baca Juga: Tak hanya menyehatkan, olahraga ini efektif menurunkan berat badan

Infeksi Paru-Paru

Infeksi pada paru-paru juga bisa menyebabkan nyeri perut kanan bawah.

Infeksi paru-paru jadi hal lain yang jadi penyebab nyeri perut kanan bawah. Hal yang sama juga bisa terjadi ketika ada penggumpalan darah di paru-paru. Kondisi tersebut pun membuat Anda batuk berdarah, sesak napas, batuk, demam, dan lain sebagainya.

Kanker

Pertumbuhan sel kanker di usus besar dapat membuat Anda merasakan sakit perut yang cukup parah. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak gejala kanker lain yang dapat Anda rasakan. Mulai dari berat badan turun, buang air besar berdarah, hingga kebiasaan buang air besar berubah.

Selanjutnya: Hasil Argentina vs Brasil di kualifikasi Piala Dunia: Selecao tahan Albiceleste 0-0

Editor: Belladina Biananda
Terbaru