Inilah 4 obat batuk kering yang berasal dari bahan alami

Kamis, 11 November 2021 | 13:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 obat batuk kering yang berasal dari bahan alami

ILUSTRASI. Ada berbagai jenis bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk kering.

KONTAN.CO.ID - Selain batuk berdahak, batuk kering juga bisa Anda alami. Anda bisa memanfaatkan bahan alami sebagai obat batuk kering supaya masalah kesehatan itu sembuh dengan lebih cepat.

Tentu saja, Anda perlu melakukannya secara rutin agar hasilnya maksimal.

Sebenarnya, ada banyak obat apotek yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati batuk. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa jenis bahan alami.

Tidak hanya menyembuhkan batuk, kandungan dalam bahan alami juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Meski demikian, jika batuk tak kunjung sembuh dalam jangka waktu lama, usahakan segera memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi batuk kering yang Anda alami bukan karena hal sepele, tapi masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Madu

Healthline menyebutkan, madu bisa Anda manfaatkan sebagai cara menyembuhkan batuk. Alasannya, madu memiliki antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan. Madu juga efektif mengobati sakit tenggorokan.

Baca Juga: Atasi hidung tersumbat dengan 5 obat pengencer dahak ini

Nanas

Buah nanas bisa jadi obat batuk kering karena mengandung banyak bromelain.

Buah nanas cocok dijadikan obat batuk kering karena mengandung bromelain. Bromelain adalah salah satu jenis enzim yang berperan sebagai antiinflamasi sehingga peradangan pun dapat teratasi dengan baik.

Anda bisa mengonsumsi buah nanas secara langsung atau mengolahnya dulu menjadi jus. Tapi, pastikan untuk tidak menambah pemanis buatan, ya.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen bromelain yang tentunya perlu Anda sesuaikan dengan dosis yang disarankan dokter.

Teh herbal

Mengonsumsi teh herbal juga bisa Anda pakai sebagai obat batuk kering. Kandungan dalam teh herbal mampu melembabkan tenggorokan yang mana efektif meredakan batuk.

Tak hanya itu, minum teh herbal pun dapat mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Baca Juga: Tak banyak yang tahu, begini 5 cara mengatasi sesak nafas

Larutan garam

Pakai larutan garam sebagai obat batuk kering.

Bukan lagi jadi rahasia bila larutan garam bisa meredakan inflamasi sehingga mampu mengobati batuk.

Caranya, campur ½ sdt garam dalam 8 ons air. Aduk rata kemudian gunakan larutan itu untuk berkumur selama 30 detik. Anda bisa mengulanginya beberapa kali sampai batuk berkurang.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan batuk. Jangan lupa untuk segera berkonsultasi ke dokter. Apalagi jika batuk yang Anda alami semakin parah.

Selanjutnya: Sebelum Jokowi lengser, pemerintah targetkan investasi Rp 642,2 triliun dari UEA cair

Editor: Belladina Biananda
Terbaru