Tak banyak yang tahu, begini 5 cara mengatasi sesak nafas

Senin, 08 November 2021 | 14:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak banyak yang tahu, begini 5 cara mengatasi sesak nafas

ILUSTRASI. Ada banyak pilihan cara mengatasi sesak nafas untuk Anda.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sesak nafas, atau dalam istilah medis disebut dengan istilah dispnea, adalah kondisi di mana Anda merasa kesulitan untuk menghirup oksigen. Hal itu tentu saja berbahaya untuk kesehatan. Makanya, cara mengatasi sesak nafas peru segera Anda coba.

Tatanutrikorner.com menyebutkan beberapa faktor yang dapat memicu sesak nafas. Mulai dari udara di sekitar Anda, asap rokok, serbuk bunga atau alergen yang lain, stres, hingga perubahan hormon dalam tubuh.

Kondisi kesehatan Anda, seperti asma, penyakit paru-paru, kanker, atau anemia, juga bisa membuat Anda sesak nafas. Selain mengunjungi dokter jika Anda mengalami gejala lain yang lebih parah, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara di bawah ini.

Pakai Minyak Kayu Putih

Cara mengatasi sesak nafas pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memakai minyak kayu putih. Alasannya karena minyak kayu putih mengandung antibakteri, antijamur, antivirus, dan kandungan lain yang baik untuk kesehatan sistem pernapasan.

Pertama, Anda perlu menambahkan 10 tetes minyak kayu putih dalam sewadah air panas. Hirup uap yang keluar dari wadah tersebut. Selain mengobati sesak nafas, cara tersebut juga efektif meredakan stres. Jadi, tak ada salahnya untuk sering mencobanya.

Baca Juga: Cari obat sesak nafas? Coba konsumsi 5 makanan ini, yuk

Manfaatkan Kunyit

Cara mengatasi sesak nafas bisa dengan mengonsumsi kunyit.

Tidak hanya meningkatkan cita rasa masakan, tahukah Anda bahwa manfaat kunyit juga bisa digunakan sebagai obat sesak nafas? Antimikroba, antiinflamasi, dan antiseptik dalam kunyit efektif meredakan sesak napas, apalagi jika kondisi itu terjadi karena adanya masalah pada sistem pernapasan.

Rajin Olahraga

Cara mengatasi sesak nafas berikutnya yang sebaiknya Anda coba adalah rajin olahraga, terlebih bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih. Namun, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai jenis olahraga yang Anda akan lakukan, ya.

Baca Juga: 4 Ciri-ciri penyakit jantung, tak hanya nyeri dada

Konsumsi Bromelain

Mengonsumsi bromelain dalam nanas bisa jadi cara mengatasi sesak nafas.

Mengutip dari Tatanutrikorner, bromelain berperan sebagai antiinflamasi sehingga bisa dijadikan obat sesak nafas. Khususnya sesak napas yang terjadi karena saluran pernapasan yang meradang karena alergi terhadap sesuatu. Nah, enzim itu bisa banyak Anda temukan di buah nanas.

Perhatikan Kebiasaan Makan

Supaya sesak napas tak sering terjadi, cobalah untuk memperhatikan kebiasaan makan Anda sehari-hari. Daripada mengonsumsi makanan berat dalam satu waktu, cobalah untuk membaginya dalam porsi kecil. Selain itu, hindari pula makan berat mendekati waktu tidur karena memicu asam lambung yang bisa membuat sesak napas.

Selanjutnya: Jelang WSBK 2021 dan MotoGP 2022, jalan bypass BIL - Mandalika siap diresmikan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru