kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Atasi hidung tersumbat dengan 5 obat pengencer dahak ini


Rabu, 10 November 2021 / 12:03 WIB
Atasi hidung tersumbat dengan 5 obat pengencer dahak ini
ILUSTRASI. Larutan garam dapat Anda jadikan obat pengencer dahak.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dahak yang terlalu banyak dan bertekstur kental bisa mengganggu saluran pernapasan Anda. Salah satunya membuat hidung tersumbat. Apabila Anda mengalami itu, ada banyak obat pengencer dahak yang bisa sebaiknya Anda coba.

Sebenarnya, tubuh Anda membutuhkan dahak untuk berbagai macam keperluan. Selain melumasi beberapa bagian tubuh, dahak juga penting untuk mencegah infeksi virus dan bakteri. Sayangnya, dahak justru bisa mengental dan jumlahnya terlalu banyak karena banyak hal.

Mulai dari infeksi penyakit, alergi, dan lain-lain. Di bawah ini, ada beberapa jenis bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengencerkan dahak. Dengan begitu, dahak menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan sehingga masalah pada sistem pernapasan dapat teratasi.

Larutan Garam

Avogel.ca berkumur menggunakan larutan garam tiga kali dalam sehari bisa membantu tubuh terhindari dari infeksi virus atau bakteri yang lebih parah. Anda hanya perlu berkumur dengan segelas air hangat yang telah dicampur dengan 1 sdm garam dapur.

Baca Juga: Selain obat resep dokter, bahan alami ini bisa menjadi obat batuk yang ampuh

Esential Oil

Obat pengencer dahak berikutnya yang bisa Anda coba adalah essential oil. Caranya, beri beberapa tetes essential oil yang Anda suka dalam selembar sapu tangan. Hirup aroma yang keluar dari essential oil tersebut. Semakin sering Anda melakukannya, semakin cepat hidung Anda tak lagi tersumbat.

Jahe dan Madu

Jahe, madu, dan bahan alami yang lain dapat Anda gunakan sebagai obat pengencer dahak.

Mengutip dari Avogel.ca, jahe adalah salah satu bahan alami yang cukup efektif jadi obat pengencer dahak. Tidak hanya itu, jahe juga mampu mengobati batuk sehingga kondisi saluran pernapasan Anda menjadi lebih baik.

Untuk memaksimalkan efek jahe, Anda bisa mencampurnya dengan madu. Kandungan antimikroba dan antijamur dalam madu tak hanya bisa mengencerkan dahak, tapi juga efektif mengobati sakit tenggorokan dan meredakan iritasi.

Baca Juga: Ternyata, bahan makanan rumahan ini bisa jadi obat batuk alami yang ampuh

Teh Herbal

Teh kamomil bisa jadi obat pengencer dahak.

Minum teh herbal dalam suhu hangat juga bisa jadi cara mengencerkan dahak, lho. Ada banyak jenis teh herbal yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari teh kamomil, mint, dan lain sebagainya. cobalah untuk menambah 1 sdt teh herbal yang Anda suka dalam segelas air hangat.

Kunyit

Kunyit jadi pengencer dahak lainnya yang tak ada salahnya untuk Anda coba. Caranya, tambahkan ½ sdt kunyit, ½ sdt lada hitam, dan sedikit madu dalam segelas susu non dairy. Usahakan untuk tidak memakai susu sapi karena justru membuat dahak semakin kental.

Selanjutnya: Batuk berdarah jangan panik, kenali penyebabnya dulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×