Selain obat resep dokter, bahan alami ini bisa menjadi obat batuk yang ampuh

Selasa, 13 Juli 2021 | 06:41 WIB Sumber: Kompas.com
Selain obat resep dokter, bahan alami ini bisa menjadi obat batuk yang ampuh

ILUSTRASI. Teh peppermint, salah satu bahan alami ini bisa menjadi obat batuk yang ampuh

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat batuk mudah didapatkan di toko-toko maupun apotek, Selain itu, sejumlah bahan herbal juga bisa menjadi obat batuk yang ampuh.

Simak daftar obat batuk alami yang ampuh ini, sehingga Anda tidak harus konsumsi obat-obatan berbahan kimia. Namun, konsultasikan dahulu dengan dokter Anda sebelum konsumsi obat batuk alami ini.

Batuk pada dasarnya adalah cara tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak maupun pemicu iritasi lainnya. Meski bertujuan melindungi tubuh, tapi batuk yang tak kunjung sembuh bisa begitu mengganggu.

Merangkum WebMD, secara umum batuk yang menyerang dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni batuk berdahak dan batuk kering. Dua jenis batuk ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, asam lambung naik, maupun menjadi gejala penyakit tertentu.

Jika Anda ingin mengatasinya, berikut beberapa bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami yang ampuh:

1. Teh madu

Obat batuk alami dari bahan herbal yang pertama adalah minuman teh mau. Dilansir dari Medical News Today, menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk. Sebuah studi membandingkan anak-anak batuk yang diberi madu hitam dan obat batuk jenis dekstrometorfan.

Para peneliti melaporkan bahwa madu memberikan bantuan paling signifikan dari mengatasi batuk, diikuti oleh dekstrometorfan. Cara mengobati batuk dengan memanfaatkan madu cukup mudah.

Campurkan 2 sendok teh (sdt) dengan air hangat atau teh herbal. Kemudian, minum ramuan ini sekali atau dua kali sehari. Untuk diingat, jangan berikan madu kepada anak-anak di bawah usia 1 tahun karena malah bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan.

Baca juga: Khasiat Kunyit Hitam untuk Obat Batuk dan Pilek

2. Air seduhan jahe

Obat batuk alami dari bahan herbal yang kedua adalah minuman seduhan jahe. Jahe diyakini dapat meredakan batuk kering karena memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan. Jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Studi menunjukkan bahwa beberapa senyawa antiinflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara, yang dapat mengurangi intensitas batuk. Cara mengobati batuk secara alami dengan memanfaatkan jahe juga cukup mudah.

Seduh 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Kemudian, diamkan dulu selama beberapa menit sebelum diminum. Anda bisa menambahkan madu atau sari lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih menenangkan batuk. Tapi ingatlah, bahwa beberapa orang yang punya masalah lambung bisa mengalami heartburn dan sakit perut saat mengonsumsi wedang jahe atau air seduhan jahe.

Simak daftar obat batuk dari bahan alami di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru