kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​Inilah 4 manfaat kacang hijau bagi kesehatan dan efek sampingnya


Sabtu, 21 November 2020 / 08:15 WIB
​Inilah 4 manfaat kacang hijau bagi kesehatan dan efek sampingnya


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kacang hijau adalah sumber vitamin A, C, K, asam folat, dan serat. Takhanya itu, kacang hijau juga mengandung thiamin, riboflavin, zat besi, magnesium, dan kalium.

Manfaat nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau pun mirip dengan kacang polong dan okra. Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa memakan kacang-kacangan juga dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kematian secara keseluruhan.

Secara umum, mengonsumsi buah dan sayuran juga menjaga kesehatan kulit, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan.  Lantas, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat mengonsumsi kacang hijau? 

Baca Juga: Tidak ingin asam urat naik? Ini makanan yang baik dan buruk untuk penderita asam urat

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan 

Manfaat dan efek samping kacang hijau

Nutrisi yang ada dalam kacang hijau dapat membantu mengurangi risiko sejumlah kondisi kesehatan. Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut sejumlah manfaat kacang hijau bagi kesehatan:

1. Membantu mencegah kanker

Kacang hijau mengandung banyak klorofil. Zat ini dapat menghalangi efek karsinogenik dari heterosiklik amina yang dihasilkan saat memanggang daging pada suhu tinggi. 

Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang dibakar atau dipanggang harus menyeimbangkannya dengan makan sayuran hijau untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Baca Juga: 6 Makanan penambah darah yang wajib Anda coba

2. Manfaat kacang hijau untuk kesuburan dan kehamilan

Bagi wanita usia subur, mengonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber nabati seperti bayam, kacang-kacangan, labu, dan kacang hijau dapat membantu meningkatkan kesuburan, menurut Harvard Medical School.

Selain itu, mengonsumsi makanan kaya zat besi dengan makanan kaya vitamin C seperti tomat, paprika, atau buah beri juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Asupan asam folat yang cukup juga dibutuhkan selama kehamilan, untuk melindungi janin dari cacat tabung saraf. Satu cangkir kacang hijau menyediakan sekitar 10 persen kebutuhan asam folat harian dan 6 persen zat besi.

Baca Juga: Ini gejala rematik yang harus Anda waspadai




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×