Kesehatan Umum

6 Makanan penambah darah yang wajib Anda coba

Jumat, 06 November 2020 | 08:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Makanan penambah darah yang wajib Anda coba

ILUSTRASI. Makanan penambah darah bisa mengatasi pusing dan gejala anemia lainnya.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anemia merupakan suatu penyakit di mana tubuh kekurangan sel darah merah sehingga oksigen tak terdistribusi dengan baik. Makanan penambah darah yang kaya zat besi perlu Anda konsumsi agar tubuh tak mudah pucat dan gejala anemia lain tak sering Anda alami.

Sayuran Hijau

Mengutip dari The Thirty (thethirty.whowhatwear.com), ada dua jenis zat besi, yaitu heme dan non-heme. 70% zat besi heme bisa ditemukan di sumber makanan hewani. Sedangkan 30% zat besi non-heme bisa Anda temukan di sumber makanan nabati.

Jika Anda adalah seorang vegan, Anda bisa mengonsumsi sumber zat besi non-heme lebih banyak. Salah satu sayuran hijau dengan kandungan zat besi non heme terbaik adalah bayam. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam jenis masakan yang Anda sukai.

Kacang dan Biji

Jika Anda ingin mengonsumsi camilan sehat penambah darah, kacang dan biji adalah jawabannya. Salah satu jenis biji yang bisa Anda konsumsi adalah biji labu karena mengandung banyak zat besi. Dalam 1 ons biji labu, kebutuhan 6.1% zat besi tubuh bisa terpenuhi.

Baca Juga: Kekurangan vitamin B12, tanda-tandanya bisa tampak dari kondisi lidah

Daging Merah

Makanan penambah darah lainnya yang direkomendasikan The Thirty adalah daging merah. Kebutuhan 22% zat besi harian bisa terpenuhi jika Anda mengonsumsi daging merah. Untuk memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh, cobalah untuk mengonsumsi daging merah dengan sumber vitamin C.

Kerang

Tak hanya sumber makanan yang telah disebutkan, kerang juga bisa Anda konsumsi untuk menambah jumlah zat besi dalam tubuh. Usahakan untuk mengonsumsi sekitar 3 ons kerang tiap hari. Selain kerang, ikan sardin juga bisa jadi pilihan sumber zat besi lain.

Baca Juga: 3 Jenis makanan penambah sel darah merah

Dada Ayam

Makanan penambah darah lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah dada ayam. Sama seperti kerang, Anda bisa mengonsumsi 3 ons dada ayam setiap hari. Anda bisa mengkombinasikannya bersama bayam, brokoli, atau tomat.

Telur

Telur adalah salah satu makanan penambah darah.

Telur adalah sumber zat besi lainnya yang tak boleh terlewat untuk Anda coba. Banyaknya kandungan zat besi dalam telur membuat makanan ini cocok untuk mengatasi anemia yang Anda alami. Anda bisa mengkombinasikan telur dengan roti gandum, salad, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: 5 Cara meningkatkan hemoglobin terbaik ini patut dicoba

Editor: Belladina Biananda


Terbaru