Kesehatan Umum

Kekurangan vitamin B12, tanda-tandanya bisa tampak dari kondisi lidah

Rabu, 19 Agustus 2020 | 14:36 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Kekurangan vitamin B12, tanda-tandanya bisa tampak dari kondisi lidah

ILUSTRASI. Susu bisa jadi salah satu asupan nutrisi tubuh yang kekurangan vitamin B12.


KONTAN.CO.ID - Kekurangan vitamin B12 tentu saja akan memengaruhi kondisi fisik dan mental. Jika tidak segera Anda sembuhkan, kondisinya bisa lebih parah. Tanda atau gejala tubuh kekurangan vitamin B12 bisa kelihatan dari kondisi lidah Anda.

Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan seseorang mengalami anemia. Selain itu, mengutip Express, kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan penyakit autoimun. Penyakit autoimun membuat tubuh gagal memproduksi protein untuk menyerap vitamin B12 di usus.

Vitamin B12 banyak terdapat dalam daging atau produk olahan susu. Itu sebabnya, seorang vegetarian lebih rentan mengalami kekurangan vitamin B12. Penyebab tubuh seseorang kekurangan vitamin B12 memang bervariasi. 

Tapi, gejalanya bisa Anda ketahui melalui lidah. Melansir Express, National Heart Lung and Blood Institute (NIH) mengatakan, lidah yang terasa tebal, lembut, dan berwarna merah bisa jadi tanda seseorang kekurangan vitamin B12.

Baca Juga: Cara menghilangkan komedo agar kulit terlihat lebih cantik

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Therapeutics and Clinical Risk Management, meninjau nilai oral “beefy red” patches sebagai penanda klinis kekurangan vitamin B12. Dari 136 pasien, 70 di antaranya mengalami kekurangan vitamin B12.

Oral “beefy red” patches dianalisis pada 61 orang di antara pasien yang mengalami kekurangan vitamin B12 itu. NIH menjelaskan, gejala yang timbul meliputi mual, muntah, heartburn, diare, kehilangan nafsu makan, dan berat badan turun.

Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala kekurangan vitamin B12 tersebut. Kondisi Anda bisa didiagnosa dari gejala yang muncul atau tes darah. Jangan menunda waktu untuk memeriksakan diri agar kondisi Anda bisa baik lebih cepat.

Penyebab tubuh kekurangan vitamin B12 perlu Anda ketahui terlebih dahulu agar mudah untuk melakukan pengobatan. Menurut Express, biasanya kekurangan vitamin B12 diatasi dengan suntikan tambahan vitamin. Ada dua jenis suntikan penambah vitamin B12: hydroxocobalamin dan cyanocobalamin.

Baca Juga: Deretan manfaat vitamin B12 untuk kesehatan tubuh Anda

Tubuh yang kekurangan vitamin B12 juga bisa Anda atasi dengan menambah asupan makanan yang mengandung vitamin tersebut. Anda bisa mengonsumsi daging, salmon, telur, makanan dari kedelai atau produk lain yang terbuat dari susu.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru